Menyebut Nama Nabi Muhammad Ketika Menyembelih Hewan, Apakah Boleh?

0
166

BincangSyariah.Com – Ketika kita menyembelih hewan, kita sangat dianjurkan untuk membaca ‘bismillah’ atau kalimat basmalah secara lengkap. Bahkan menurut sebagian ulama, membaca ‘bismillah atau kalimat basmalah ketika menyembelih hewan adalah wajib. Namun bagaimana jika lafadz ‘bismillah’ ditambah dengan nama Nabi Muhammad, misalnya ‘bismillah wasmi muhammad’, apakah boleh? (Baca: Hukum Menyembelih Hewan Kurban Sebelum Shalat Idul Adha Dilaksanakan)

Jika kita membaca ‘bismillah wasmi muhammad’ ketika kita menyembelih hewan, makaMenurut para ulama, terdapat tiga hukum menambah nama Nabi Muhammad setelah nama Allah ketika menyembelih hewan. Tiga hukum dimaksud adalah sebagai berikut;

Pertama, menambah nama Nabi Muhammad setelah nama Allah, misalnya dengan membaca ‘bismillah wasmi muhammad’ atau ‘ bismillah wasmi rosulillah’, jika tidak ada niat tabarruk atau mencari berkah dengan nama Nabi Muhammad tersebut dan tidak ada niat menyamakan nama Nabi Muhammad dengan nama Allah, maka hukumnya haram namun hasil hewan sembelihannya halal dimakan.

Kedua, jika menambah nama Nabi Muhammad setelah nama Allah dengan tujuan tabarruk atau mencari berkah, maka hukumnya makruh dan hasil hewan sembilahannya halal dimakan.

Misalnya, kita hendak menyembelih hewan dan kita membaca ‘bismillah wasmi muhammad’ dengan tujuan mencari berkah dengan nama Nabi Muhammad tersebut, maka hal ini dihukumi makruh dan hewan hasil sembelihan kita boleh dan halal dimakan.

Ketiga, jika menambah nama Nabi Muhammad setelah nama Allah karena berkeyakinan nama Nabi Muhammad sama dan sejajar dengan nama Allah, maka hal ini hukumnya haram dan hewan sembelihannya haram dimakan. Hal ini karena sembelihan tersebut dianggap mempersembahkan sembelihan kepada selain Allah. Mempersembahkan hewan kepada selain Allah hukumnya haram dan hasilnya sembelihannya haram dimakan.

Penjelasan ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Bujairimi ‘ala Al-Khatib berikut;

ولا يقل بسم الله واسم محمد اي لا يجوز ذلك ولا تحرم الذبيحة حينئذ فان قصد التشريك حرمت الذبيحة فان اراد اذبح باسم الله واتبرك باسم محمد فلا ينبغي ان لا يحرم وان كان مكروها

Dan seseorang tidak boleh mengucapkan ‘bismillah wasmi muhammadin’. Artinya, hal itu tidak boleh dan hewan hasil sembelihannya tidak haram. Jika berniat menyamakan (antara nama Allah dan nama Nabi Muhammad), maka hewan sembelihannya haram dimakan. Jika berniat ‘saya menyembelih dengan nama Allah dan mengharap berkah dengan nama Nabi Muhamma’, maka hal itu pantas untuk tidak diharamkan meskipun hal itu makruh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here