Meski Hanya di Rumah, Ketahui Panduan Meraih Lailatul Qadar Berikut Ini

0
1185

BincangSyariah.Com – Ramadan baru berjalan selama satu minggu. Meskipun umumnya kita saat ini tidak melaksanakan kegiatan ibadah yang biasanya dilaksanakan di bulan Ramadan di masjid semisal shalat tarawih, tapi hakikatnya sebenarnya kita bisa memperbanyak ibadah meski tetap hanya di rumah. Dengan memperbanyak ibadah dengan tulus ikhlas, kita berharap akan mendapatkan Lailatul Qadar yang menurut banyak ulama jatuh di sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan.

Berikut ini cara meraih Lailatul Qadar berdasarkan kebiasaan Rasulullah ketika berada di sepertiga terakhir bulan Ramadan. Seperti dalam tulisan Panduan Meraih Lailatul Qadar, Menjelang akhir Ramadhan, Rasulullah SAW biasanya lebih fokus beribadah, terutama sepuluh malam terakhir. Hal ini sebagaimana yang disebutkan ‘Aisyah:

كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا دخل العشر شد مئزره وأحيا ليله وأيقظ أهله

“Nabi Muhammad SAW, ketika memasuki sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, beliau fokus beribadah, mengisi malamnya dengan dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut beribadah” (HR: al-Bukhari)

Berdasarkan hadis ini, dapat disimpulkan bahwa sepuluh malam terakhir Ramadhan merupakan waktu yang terbaik untuk beribadah.

Sebagian ulama mengatakan, Rasulullah SAW meningkatkan kesungguhannya beribadah pada sepuluh malam terakhir dibandingkan malam sebelumnya.

Menurut Ibnu Batthal, hadis ini menginformasikan kepada kita bahwa malam lailatul qadar terdapat pada sepuluh malam terakhir Ramadhan. Karenanya, Rasulullah lebih fokus beribadah pada malam tersebut dan menganjurkan kepada umatnya untuk melanggengkan ibadah di malam sepuluh terakhir.

Kita tidak tahu secara pasti kapan terjadinya malam lailatul qadar, usahakan setiap malam di sepuluh terakhir diisi dengan memperbanyak ibadah. Usahakan tidak ada satu malam pun yang tidak dihiasi dengan ibadah, supaya malam lailatul qadhar tidak terlewatkan. Semoga kita diberi kesempatan untuk bertemu dengan malam terbaik itu. Wallahu a’lam**

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here