Anjuran Mengumpulkan Keluarga Ketika Mengkhatamkan Al-Quran

0
1060

BincangSyariah.Com –  Di beberapa daerah di Indonesia, banyak dijumpai acara tasyakuran dengan mengumpulkan keluarga dan sanak famili ketika seseorang mengkhatamkan Al-Quran. Ia mengundang mereka untuk berdoa dan makan bersama dalam rangka mensyukuri nikmat Allah berupa khatam Al-Quran. Sebenarnya, adakah anjuran mengumpulkan keluarga dan sanak famili ketika mengkhatamkan Al-Quran?

Mengumpulkan keluarga dan sanak famili ketika mengkhatamkan Al-Quran termasuk perkara yang dianjurkan. Bahkan banyak sahabat yang pernah melakukannya. Di antaranya adalah Anas bin Malik. Beliau mengumpulkan anak dan keluarganya saat beliau mengkhatamkan Al-Quran.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Al-Darimi, dari Tsabit, dia berkata;

كَانَ أَنَسٌ إِذَا خَتَمَ الْقُرْآنَ، جَمَعَ وَلَدَهُ وَأَهْلَ بَيْتِهِ فَدَعَا لَهُمْ

Anas bin Malik ketika mengkhatamkan Al-Quran, beliau mengumpulkan anaknya dan keluarganya. Kemudian beliau untuk mereka.

Dalam hadis ini disebutkan bahwa tujuan Anas bin Malik mengumpulkan anak dan keluarganya saat mengkhatamkan Al-Quran adalah untuk berdoa bersama mereka. Hal ini karena berdoa saat mengkhatamkan Al-Quran akan dikabulkan oleh Allah karena diaminkan oleh empat puluh ribu malaikat. Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Al-Darimi dari

مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ ثُمَّ دَعَا، أَمَّنَ عَلَى دُعَائِهِ أَرْبَعَةُ آلَافِ مَلَكٍ

Barangsiapa membaca Al-Quran kemudian ia berdoa, maka ada empat ribu malaikat yang mengaminkan doanya.

Bahkan Imam Mujahid bukan hanya mengumpulkan keluarganya ketika beliau mengkhatamkan Al-Quran, tapi juga mengundang teman dan tetangganya untuk berdoa bersama. Hal itu beliau lakukan karena agar mereka mendapatkan keberkahan doa setelah mengkhatamkan Al-Quran.

Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Al-Darimi dari Hakam, dia berkata;

بَعَثَ إِلَيَّ مُجَاهِدٌ قَالَ: إِنَّمَا دَعَوْنَاكَ أَنَّا أَرَدْنَا أَنْ نَخْتِمَ الْقُرْآنَ وَإِنَّهُ بَلَغَنَا أَنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ عِنْدَ خَتْمِ الْقُرْآنِ

Baca Juga :  Masuk Islam Setelah Murtad, Wajibkah Qadha Shalat, Puasa, dan Zakat?

Mujahid mengirim utusan kepadaku seraya berkata; ‘Sesungguhnya kami mengundang kamu karena kami ingin mengkhatamkan Al-Quran, dan telah sampai kepada kami bahwa doa dikabulkan saat mengkhatamkan Al-Quran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here