Hukum Mengumandangkan Adzan dan Iqamah Sebelum Shalat Nadzar

0
2475

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bersama bahwa ketika kita hendak melaksanakan shalat wajib lima waktu, kita dianjurkan untuk mengumandangkan adzan dan iqamah terlebih dahulu. Namun bagaimana hukum mengumandangkan adzan dan iqamah sebelum shalat nadzar, apakah juga disunnahkan mengingat shalat nadzar wajib juga dilaksanakan? (Apakah Sebelum Shalat Sunah Dianjurkan Azan dan Iqamah?)

Shalat nadzar termasuk shalat yang wajib untuk dilaksanakan. Jika tidak menunaikan dan melaksanakan shalat nadzar, maka hukumnya berdosa. Misalnya, seseorang bernadzar jika lulus tes cpns akan melaksanakan shalat Dhuha selama sepuluh hari, maka dia wajib melaksanakan shalat Dhuha selama sepuluh hari untuk menepati nadzarnya.

Meski shalat nadzar hukumnya wajib dilaksanakan, namun tetap tidak disunnahkan mengumandangkan adzan dan iqamah terlebih dahulu sebelum melaksanakannnya. Selain shalat wajib lima waktu, yaitu shalat Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isyak, dan Shubuh, tidak ada shalat yang disunnahkan mengumandangkan adzan dan iqamah sebelum dilaksanakan, meskipun berstatus wajib untuk dilaksanakan, seperti shalat nadzar.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Raudhah berikut;

اما غير الفرائض الخمس فلا اذان ولا اقامة سواء كانت منذورة او سنة سواء سن لها الجماعة كالعيدين والكسوفين والاستسقاء ام لم يسن كالضحى

Adapun selain shalat fardhu, maka tidak disunnahkan adzan dan iqamah, baik shalat nadzar atau sunnah, baik shalat sunnah yang disunnahkan berjemaah seperti shalat ‘Idul Fitri, ‘Idul Adha, shalat Kusuf dan Khusuf, Istisqa’, atau tidak disunnahkan berjemaah seperti shalat Dhuha.

Ini juga disebutkan dalam kitab Kifayatul Akhyar berikut;

انهما ليسا بسنة في غير الصلاة المكتوبة وهو كذلك فلا يشرعان في المنذورة والجنازة ولا السنن وان شرعت فيها الجماعة العيد والكسوف والاستسقاء والتراويح لعدم ورودهما فيه

Baca Juga :  Hukum Azan dan Iqamah Sebelum Melaksanakan Salat Qada’

Sesungguhny adzan dan iqamah tidak disunnahkan dalam shalat selain shalat fardhu lima. Dan hal itu demikian keadaannya, keduanya tidak disyariatkan dalam shalat nadzar, shalat jenazah, juga shalat-shalat sunnah meskipun shalat sunnah tersebut disyariatkan untuk dilaksanakan secara berjemaah, seperti shalat ‘id, gerhana, istisqa’, tarawih karena adzan dan iqamah tidak wurud pernah dilakukan dalam perkara-perkara tersebut. Wallahu a’lam bis shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here