Lima Syarat Bila Hendak Menarik Mundur Jemaah yang Berada di Shaf Depan

1
1320

BincangSyariah.Com –  Ketika kita melaksanakan shalat berjemaah, kita dianjurkan untuk bergabung dengan jemaah lain dalam satu shaf. Makruh hukumnya jika kita sendirian dalam satu shaf. Karenanya, jika kita sendirian dalam satu shaf, maka kita disunnahkan untuk menarik jemaah lain yang berada di shaf depan kita agar ia bisa menemani sehingga kita tidak sendirian dalam satu shaf. (Hukum Laki-laki Berada di Belakang Shaf Perempuan)

Meski demikian, Hasan bin Ahmad bin Muhammad Al-Kaf dalam kitabnya Al-Taqriratus Sadidah menyebutkan bahwa ada lima syarat yang harus dipenuhi ketika kita hendak menarika jemaah lain yang berada di shaf depan kita. Lima syarat tersebut sebagai berikut;

Pertama, jemaah lain yang ditarik untuk menemani kita harus orang merdeka, bukan budak. Jika budak, maka tidak disunnahkan untuk menariknya untuk menemani kita dalam satu shaf. Tampaknya ini syarat ini untuk saat ini sudah tidak berlaku, karena tidak ditemukan perbudakan lagi.

Kedua, jumlah jemaah di shaf depan kita lebih dari dua orang. Jika hanya dua orang, maka tidak boleh menarik satu jemaah yang berada di shaf depan kita. Hal ini karena jika kita menarik satu jemaah di shaf depan kita, maka akan menyebabkan satu jemaah lainnya sendirian.

Ketiga, jemaah lain yang hendak ditarik bisa kita duga bahwa dia paham dengan maksud kita sehingga dia bersedia pindah untuk bergabung dalam satu shaf bersama kita. Jika dia bisa kita duga bahwa dia tidak paham dengan maksud kita, maka kita tidak disunnahkan untuk menariknya karena khawatir justru malah menimbulkan fitnah.

Keempat, menarik jemaah lain dalam keadaan berdiri. Jika dia dalam keadaan duduk, rukuk atau lainnya, selain dalam keadaan berdiri, maka kita tidak diperbolehkan menariknya.

Baca Juga :  Ini Keutamaan dan Hikmah Kesunahan Puasa Asyura

Kelima, menarik jemaah lain ketika kita sudah melakukan takbiratul ihram.

Demikian lima syarat yang disebutkan oleh Hasan bin Ahmad bin Muhammad Al-Kaf dalam kitabnya Al-Taqriratus Sadidah. Jika lima syarat ini tidak terpenuhi, maka kita tidak disunnahkan menarik jemaah lain yang berada di shaf depan kita.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here