Efek Terapi dalam Membasuh Kedua Tangan Ketika Wudhu

2
1697

BincangSyariah.Com – Kesempurnaan wudhu menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh setiap Muslim setiap kali hendak melaksanakan shalat. Sebab wudhu adalah salah satu syarat sah dalam shalat. Nabi mengingatkan  tidak ada shalat atau shalat itu tidak diterima apabila seseorang masih berhadas dan tidak berwudhu. Karena itu wudhu adalah satu aspek penting yang sangat menarik untuk dikaji lebih dalam lagi. Sebagaimana hadis Rasulullah riwayat Abu Daud:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ االلهِ صَلَّى االلهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَقْبَلُ االلهُ صَلَاةَ أَحَدِآُمْ إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ

Diriwayatkan dari Abi Hurairah, ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Allah tidak menerima salat salah seorang di antara kalian apabila ia berhadats (tidak mempunyai wuhdu) sampai dia berwudhu.” (HR. Abu Daud) (Ini 14 Perbedaan Bersuci dengan Wudhu dan Tayamum)

Wudhu yang disyariatkan oleh Allah tersebut tidaklah kosong. Ada maksud-maksud yang diinginkan oleh-Nya dan mengandung nilai yang ingin dwujudkan oleh Allah. Itulah mengapa dalam kajian Ushul Fiqh hadir kajian tentang Maqashid Al Syariah,  yakni maksud-maksud yang terkandung di balik pensyari’atan suatu ajaran.

Maksudnya adalah setiap ajaran Islam itu pasti ada maksud kenapa ia ditetapkan dan disyari’atkan, sebab tak mungkin ada pembebanan suatu ajaran oleh Allah tanpa ada maksud yang hendak dituju oleh pembebanan itu. Begitupun dengan tiap-tiap rukun wudhu mengandung hikmah tersendiri.

Salah satunya adalah membasuh kedua tangan ketika wudhu. Terlihatnya memang sepele dan jarang diperhatikan ketika membasuh tangan ketika wudhu. Namun ternyata basuhan tangan saat wudhu itu memberikan pengaruh yang positif pada kesehatan manusia.

Oan Hasanuddin dalam buku Mukjizat Berwudhu menyebutkan  bahwa pada telapak tangan terdapat titik akupunktur pokok dan titik-titik sentra refleks. Maka ketika kita membasuh dengan menggosok-gosok kedua telapak tangan, selain membersihkan dari kotoran, juga memberikan efek terapi, antara lain akan membuat segarnya kepala dan pikiran.

Baca Juga :  Empat Ibadah yang Diwajibkan Berwudhu

Mengapa demikian? sebab tangan adalah anggota tubuh Allah ciptakan dengan keajaiban yang istimewa, dimana Allah ciptakan telapak tangan manusia dengan kekuatan bisa menghasilakn biolistrik yang sangat panas.

Dengan adanya syariat membasuh kedua telapak tangan serta menyela-nyela jari dalam berwudhu itu merupakan upaya untuk mengaktifkan biolistrik serta membuang sampah biolistrik yang terdapat pada tubuh kita Yang demikian tentu juga bisa untuk pencerahan pikiran yang akan berdampak positif kepada kesehatan mental dan emosional.

Karena tangan sebagai “eksekutor” dalam banyak hal yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, membasuh kedua telapak tangan secara rohaniah uag mengandung makna penyucian jiwa dari dosa kedua telapak tangan.

2 KOMENTAR

  1. Bagus keterangan ini..saya mau anda kirim keterangan dan manfaat tentang berwudu..dari mulai mencuci tangan sampai membasuh kaki..secara detail..
    Terima kasih..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here