Membangun Masjid, Apa sih Keutamaannya?

0
942

BincangSyariah.Com – Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Islam, yang artinya adalah tempat sujud. Sebutan-sebutan lain bagi masjid di Indonesia adalah langgar, musholla, atau surau. Sebutan tersebut diperuntukkan bagi tempat ibadah umat Islam yang tidak digunakan Salat Jum’at dan umumnya berukuran kecil.

Masjid merupakan salah satu tempat yang penting dalam dunia Islam, sebab di dalamnya adalah bentuk berbagai macam pelaksanaan ibadah, ketaatan, dan taqarrub kepada Allah. salah satu ayat yang menunjukkan keutamaan dan kedudukan masjid adalah QS Al Baqarah [2]: 114,

1Dalam Al Masajid wa Mawadhi’u As-Shalah disebutkan bahwa sesorang yang membangun tempat ibadah umat Islam (masjid) akan mendapatkan ganjaran yang besar. Imam Muslim meriwayatkan dalah Shahihnya:

عَنْ عُثْمَانِ بْنَ عَفَّانَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ بَنَى اللَّهُ لَهُ فِي الْجَنَّةِ مِثْلَهُ

Dari Utsman bin Affan -radhiyallahu’anhu- dia berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membangun masjid ikhlas karena Allah maka Allah akan membangunkan baginya yang serupa dengannya di surga. (HR. Muslim)

Membangun masjid adalah salah satu cara untuk berinvestasi pahala dengan cerdas. Alangkah besar pahala orang yang turut andil membangun masjid di dunia, sebab baginya juga mengalir pahala orang-orang yang bersujud di dalamnya. Sebuah amal yang sangat baik hingga Allah memberikan hadiah bangunan yang mulia di surga.

Masjid adalah merupakan tempat yang Allah sukai di muka bumi ini, sehingga barangsiapa yang berniat ikhlas karena Allah membangun masjid dengan segenap harta dan raganya maka tentu Allah memberikan ridla dan keberkahan kepadanya. Disebutkan dalam Fatwa Lajnah Daimah bahwa amal tersebut termasuk perbuatan yang mulia dan masuk dalam kategori amal jariyah, sebuah amal yang akan tetap mengalirkan pahalnya meski telah meninggal.

Baca Juga :  Infak dengan Harta Terbaik

Semoga Allah membalas dengan sebaik-baik pembalasan bagi mereka yang mau rela berkorban menyisihkan tenaga dan hartanya untuk  pembangunan masjid. amin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here