Membaca Terjemahan Ayat Sajdah, Sunahkah Sujud Tilawah?

0
1306

BincangSyariah.Com – Tidak diragukan lagi bahwa melakukan sujud tilawah sangat disunahkan ketika kita membaca ayat sajdah atau mendengarkannya. Namun saat kita membaca terjemahan ayat sajdah, apakah disunahkan sujud tilawah juga?.

Terkait masalah ini terjadi perbedaan di antara para ulama. Ulama Syafiiyah berpendapat bahwa jika hanya membaca terjemahan ayat sajdah, maka kita tidak disunahkan untuk melakukan sujud tilawah. Hal ini karena terjemahan ayat sajdah bukan ayat sajdah itu sendiri. Antara ayat sajdah dan terjemahannya memiliki hukum yang berbeda, termasuk dalam kesunahan melakukan sujud tilawah.

Kita hanya disunahkan melakukan sujud tilawah ketika kita membaca ayat sajdah, bukan terjemahannya. Sebagaimana kita juga tidak disunahkan sujud tilawah ketika kita menafsirkan ayat sajdah.

Sedangkan menurut Imam Abu Hanifah, kita disunahkan sujud tilawah baik ketika membaca ayat sajdah, terjemahannya atau menafsirkannya. Menurutnya, baik membaca ayat sajdah, terjemahannya atau menafsirkannya sama-sama disunahkan melakukan sujud tilawah. Hal ini karena terjemahan ayat sajdah atau tafsirannya termasuk bagian dari ayat sajdah itu sendiri.

Dalam kitab Attibyan, Imam Nawawi menyebutkan;

لو قرأ اية السجدة بالفارسية لا يسجد عندنا كما لو فسر اية سجدة وقال أبو حنيفة : يسجد

“Jika seseorang membaca ayat sajdah dengan bahasa Persia, maka menurut kami (ulama Syafiiyah) tidak disunahkan sujud tilawah, sebagaimana tidak disunahkan sujud tilawah ketika menafsirkan ayat sajdah. Menurut Imam Abu Hanifah, ‘Hendaknya melakukan sujud tilawah (ketika membaca terjemahan ayat sajdah).”

Dari kedua pendapat tersebut di atas, pendapat pertama lebih kuat dan lebih sahih. Hal ini karena kita hanya disunahkan untuk sujud tilawah ketika kita membaca ayat sajdah, bukan terjemahannya atau tafsirannya. Karena itu, ketika kita membaca terjemahan ayat sajdah atau tafsirannya, maka kita tidak perlu melakukan sujud tilawah.

Baca Juga :  Bolehkah Menjual Hewan Akikah untuk Disedekahkan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here