Hukum Membaca Hanya Satu Ayat Al-Quran dalam Shalat

0
886

BincangSyariah.Com – Ketika kita melaksanakan shalat, baik shalat wajib maupun sunnah, maka setelah membaca surah Al-Fatihah kita disunnahkan membaca sebagian ayat-ayat Al-Quran. Sebagian orang, ada yang membaca satu surah dengan sempurna. Ada sebagian hanya membaca tiga atau lima ayat saja dari sebuah surah. Bahkan kadang ada yang membaca satu ayat saja dari sebuah surah Al-Quran. Bagaimana hukum membaca satu ayat Al-Quran saja dalam shalat?

Membaca satu ayat saja dari sebuah surah Al-Quran dalam shalat hukumnya boleh. Misalnya, membaca Alif Lam Mim dari ayat pertama surah Al-Baqarah. Bahkan menurut para ulama, membaca basmalah saja setelah Al-Fatihah hukumnya juga boleh dan mendapatkan kesunnahan membaca ayat Al-Quran.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Zainuddin Al-Malibari dalam kitab Fathul Mu’in berikut;

وسن آية فأكثر والأولى ثلاث بعدها أي بعد الفاتحة …..ويحصل أصل السنة بتكرير سورة واحدة في الركعتين وبإعادة الفاتحة إن لم يحفظ غيرها وبقراءة البسملة لا بقصد أنها التي هي أول الفاتحة

Disunnahkan membaca satu ayat dan lebih banyak dari satu ayat, dan yang paling utama membaca tiga ayat setelah membaca surah Al-Fatihah…Dasar kesunnahan membaca ayat Al-Quran ini bisa diperoleh dengan mengulang surah yang sama pada rakaat kedua, mengulang surah Al-Fatihah jika tidak hafal surah yang lain, juga dengan membaca basmalah tapi bukan basmalah yang menjadi awal surah Al-Fatihah.

Meskipun boleh membaca satu ayat saja setelah membaca surah Al-Fatihah, namun lebih utama dan sangat disunnahkan untuk membaca paling sedikit hingga tiga ayat. Hal ini karena surah Al-Quran yang paling pendek berisi tiga ayat, yaitu surah Al-Kautsar. Sehingga jika membaca surah Al-Quran dalam shalat, maka disunnahkan membaca minimal tiga ayat.

Baca Juga :  Anak Kecil Jadi Imam Ibunya, Bolehkah?

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Taqriratus Sadidah berikut;

قراءة شيء من القرآن بعد الفاتحة للإمام و المنفرد و يسن كذلك للمأموم إذا لم يسمع إمامه و الأفضل ثلاث آيات فأكثر

Membaca ayat Al-Quran setelah Al-Fatihah disunnahkan bagi imam dan orang yang shalat sendirian. Juga disunnahkan bagi makmum yang tidak mendengar bacaan imam. Yang paling utama adalah membaca hingga tiga ayat atau lebih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here