Membaca Qunut Nazilah dalam Shalat Sunnah Ketika Terjadi Wabah, Apakah Dianjurkan?

1
1232

BincangSyariah.Com – Ketika terjadi wabah atau bencana yang menimpa kaum muslimin, kita dianjurkan untuk membaca doa qunut nazilah saat kita melakukan shalat wajib, terutama dalam shalat Shubuh. Namun bagaimana ketika kita melaksanakan shalat sunnah, apakah juga dianjurkan membaca doa qunut nazilah? (Baca: Sunnah Membaca Qunut Nazilah di Musim Covid-19, Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan)

Jika terjadi musibah yang menimpa kaum muslimin seperti wabah, gempa, tsunami atau lainnya, maka kita dianjurkan melakukan doa qunut nazilah di setiap shalat wajib dalam rangka mendoakan keselamatan bagi mereka. Sebaliknya, jika tidak terjadi musibah, maka kita tidak dianjurkan melakukan doa qunut nazilah kecuali dalam shalat Shubuh saja.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu berikut;

الصحيح المشهور الذى قطع به الجمهور ان نزلت بالمسملين نازلة كخوف أو قحط أو وباء أو جراد أو نحو ذلك قنتوا في جميعها وإلا فلا

Menurut pendapat yang shahih dan masyhur yang diikuti oleh kebanyakan ulama bahwa jika suatu musibah menimpa kaum muslimin, seperti ketakutan, kelaparan, wabah, belalang atau lainnya, maka hendaknya mereka melakukan qunut dalam semua shalat wajib. Jika tidak, maka tidak perlu melakukan qunut.

Adapun dalam shalat sunnah, baik shalat sunnah yang dianjurkan shalat berjemaah atau tidak, maka tidak dianjurkan membaca doa qunut nazilah. Hanya saja, jika kita membaca doa qunut nazilah ketika terjadi bencana dalam shalat sunnah, maka hal itu tidak dimakruhkan. Namun jika tidak terjadi bencana, maka hukumnya makruh.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu berikut;

وأما غير المكتوبات فلا يقنت في شيء منهن قال الشافعي في الأم في كتاب صلاة العيدين في باب القراءة في العيدين : ولا قنوت في صلاة العيدين والاستسقاء فإن قنت عند نازلة لم أكرهه

Baca Juga :  Ini Keutamaan Membeli Dagangan Orang yang Lemah

Adapun selain shalat-shalat wajib, maka tidak perlu melakukan qunut. Imam Syafii berkata dalam kitab Al-Umm dalam kitab shalat ‘idain dalam bab qiraah fil idain: Tidak ada qunut dalam shalat ‘idain dan istisqa. Namun jika melakukan qunut ketika terjadi bencana, maka saya tidak memakruhkannya.

Dengan demikian, membaca qunut nazilah dalam shalat sunnah tidak dianjurkan, baik terjadi bencana atau tidak. Hanya saja, jika melakukan qunut nazilah saat terjadi bencana, maka hal itu tidak makruh. Jika tidak terjadi bencana, maka hukumnya makruh.

1 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh..maaf mau tanya, untuk asal e doa qunut Nazilah itu dari mana ya admin.. apakah ada di zaman Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam?.. mohon penjelasannya admin… Syukron Wassalam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here