Hukum Membaca Doa Qunut Sebelum Rukuk, Apakah Boleh?

0
12

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bahwa umumnya kita membaca doa qunut di rakaat kedua shalat Shubuh setelah rukuk. Jarang kita jumpai seseorang yang membaca doa qunut sebelum rukuk. Namun, bagaimana hukumnya andaikan ada seseorang yang membaca doa qunut sebelum rukuk, apakah boleh? (Baca: Keutamaan Membaca Doa Setelah Bangun dari Rukuk)

Menurut ulama Syafiiyah, doa qunut disunnahkan untuk dilakukan di rakaat kedua shalat Shubuh setelah rukuk atau pada saat i’tidal. Jika dilakukan sebelum rukuk, maka hal itu belum menggugurkan kesunnahan membaca doa qunut. Karena itu, jika seseorang membaca doa qunut sebelum rukuk di rakaat kedua shalat Shubuh, maka dia harus mengulangi membaca doa qunut setelah rukuk, dan dia dianjurkan pula melakukan sujud sahwi.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

أَمَّا مَحَلُّهُ، فَبَعْدَ الرَّفْعِ مِنَ الرُّكُوعِ فِي الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ مِنَ الصُّبْحِ، فَلَوْ قَنَتَ قَبْل الرُّكُوعِ لَمْ يُحْسَبْ لَهُ عَلَى الأْصَحِّ، وَعَلَيْهِ أَنْ يُعِيدَهُ بَعْدَ الرُّكُوعِ ثُمَّ يَسْجُدَ لِلسَّهْوِ

Adapun tempat qunut adalah setelah bangun dari rukuk di rakaat kedua shalat Shubuh. Jika seseorang melakukan qunut sebelum rukuk, maka hal itu tidak dihitung menurut pendapat yang shahih. Karena itu, ia harus mengulangi melakukan qunut lagi setelah rukuk, kemudian ia melakukan sujud sahwi.

Dalam kitab Fiqh Al-Sunnah juga disebutkan sebagai berikut;

وَمَذْهَبُنَا الشَّافِعِيُّ: اِنَّ الْقُنُوْتَ فِى صَلَاةِ الصُّبْحِ بَعْدَ الرُّكُوْعِ مِنَ الرُّكُوْعِ الثَّانِيَّةِ سُنَّةٌ لِمَا رَوَاهُ الْجَمَاعَةُ الِاَّ التِّرْمِيْذِى عَنِ ابْنِ سِيْرِيْنَ اَنَّ أَنَسَ بْنِ مَالِكِ سُئِلَ هَلْ قَنَتَ النَّبِيُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ِفى صَلَاةِ الصُّبْحِ؟ فَقَالَ: نَعَمْ. فَقِيْلَ لَهُ قَبْلَ الرُّكُوْعِ اَوْ بَعْدَهُ؟ قَالَ: بَعْدَ الرُّكُوْعِ.

Menurut madzhab kami, madzhab Syafii; Qunut di dalam shalat Shubuh setelah rukuk di rakaat kedua adalah sunnah. Ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh ulama hadis kecuali Imam Al-Tirmidzi, dari Ibnu Sirin, bahwa Anas bin Malik pernah ditanya; Apakah Nabi Saw melakukan qunut di dalam shalat Shubuh? Beliau menjawab; Iya. Kemudian ditanya lagi; sebelum rukuk atau sesudah rukuk? Beliau menjawab; Sesudah rukuk.

Baca Juga :  Bacaan Doa Qunut Lengkap Dengan Artinya

Dengan demikian, melakukan qunut di dalam shalat Shubuh sebelum rukuk hukumnya tidak boleh dan tidak menggugurkan kesunnahan qunut. Kesunnahan melakukan bisa gugur jika qunut dilakukan setelah rukuk di rakaat kedua shalat Shubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here