Membaca Basmalah dan Niat Saat Wudhu

1
4415

BincangSyariah.Com – Dalam kajian keislaman, kebanyakan pembahasan tentang basmalah (mengucapkan asma Allah) diuraikan secara panjang dan lebih menekankan kepada aspek dan makna spiritual di dalamnya, kenapa demikian? Sederhananya, karena dengan mengucapkan basmalah berarti kita menghadirkan Allah dalam setiap aktifitas yang akan kita lakukan. Sehingga semua aktifitas kita akan bernilai ibadah dan akan mendekatkan jiwa kita kepada sang pencipta.

Karena itu dalam islam kita dianjurkan mengucapkan basmallah sebelum melakukan segala sesuatu, apalagi jika itu berkaitan dengan kegiatan ibadah. Sebagaimana Rasulullah saw. Bersabda:

كل أمر ذي بال لايبدأ فيه ببسم الله الرحمن الرحيم، فهو أقطع

Artinya: segala sesuatu perkara penting yang tidak diawali dengan membaca bismillahirahminrahim maka amalan itu terputus. (HR Ahmad)

Mushthafa Dib al-Bugha dalam At-Tahdzib Fi Adillati Matn Al-Ghayah Wa At-Taqrib menjadikan hadis di atas sebagai dasar dalil kesunnahan membaca bismillah sebelum wudhu. Sebab redaksi ذي بال dimaksudkan untuk segala aktifitas yang disyariatkan dalam islam, seperti wudhu. Sedangkan redaksi أقطع (terputus) berarti segala aktifitas yang dilakukan tanpa mengucapkan bismillah kurang atau sedikit keberkahannya. Maka berwudhu tanpa mengucap asma Allah akan mengurangi keberkahan wudhu. Karena itulah mayoritas ahli fikih mengkategorikan basmalah termasuk dalam kesunnahan wudhu.

Tatacara Niat dan Membaca Basmalah Saat Wudhu

Syekh Ibrahim al-Bajuri dalam Hasyiah Fathil Qarib menjelaskan, saat mengucapkan bismillah disunnahkan berniat dalam hati akan kesunnahan wuhdu. Seraya membasuh kedua tangan. Disunnahkan juga membaca taawuz sebelum basmalah lalu dilanjutkan mengucapkan doa berikut ini dengan lirih.

الحمد لله على الإسلام ونعمته الحمد لله الذي جعل الماء طهورا والإسلام نوراز رب أعوذ بك من همزات الشياطين وأعوذ بك أن يحضرون.

Baca Juga :  Kenapa Rasul Menganjurkan Makan Sebelum Salat Idulfitri?

Seseorang yang melakukan tiga hal di atas (Basmalah, niat dalam hati dan membaca doa sebelum wudhu, kemudian dilanjutkan niat wudhu dalam hati) sejatinya ia bersuci menggunakan hati dan lisannya bersamaan dengan anggota wudhu sekaligus.

Hatinya dibasuh dengan niat sunnah, lisannya dengan lafadz basmalah & doa, dan anggota badan dengan basuhan air wudhu. Maka tidak berlebihan jika Imam Ghazali mengatakan dalam kitab Ihya, bahwasanya dengan bersuci Allah SWT ingin mensucikan fisik dan jiwa hambanya.

Telaah Hadis Hukum Membaca Bismillah Saat Wudhu

Ulama berbeda pendapat mengenai hukum mengucapkan bismillah saat wudhu. Namun mayoritas ulama ahli fikih menghukuminya wajib berdasarkan hadis berikut

لا وضوء لمن لم يذكر اسم الله عليه

Tidak sah wudhu seseornag yang tidak mengucapkan bismillah (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Imam Albani mengatakan hadis tersebut hasan. Namun ada beberapa ulama juga yang menyatakan bahwa hadis di atas dhaif, di antaranya Imam Ahmad, Imam Baihaqi, Imam Nawawi dan Imam al-Barraz. 

Namun menurut Ibnu Katsir karena hadis ini sebenarnya diriwayatkan dari banyak jalur sanad, derajat hadis naik menjadi Hasan Lighairihi. 

Sehingga seandainya hadis di atas shahih maka ia hanya menunjukkan kesunnahan mengucapkan bismillah bukan wajib. Mereka berpendapat demikian karena selain hadis di atas masih banyak ayat dan hadis tentang wudhu lainnya yang tidak menegaskan kewajiban hal tersebut.

Dengan demikian tidaklah batal wudhu seseorang yang tidak melakukannya baik karena lupa atau sengaja. Hanya saja sangat disayangkan jika ia meninggalkan kesunnahan mengucapkan bismillah yang bisa menyempurnakan kualitas wudhu. Wallahu a’lam.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

  1. Assalamu Alaikum warahmatullahi’wabarakatu.

    Bismillah..

    Ana mau bertanya Ana masih kurang paham dalam wudhu. Yang Ana Nanyakan.. “Sebelum kita berwudhu di manakah letak nya bacaan basmalah di hati atau mengucapkan di lisan dengan jahar. Mohon penjelasannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here