Membaca Al-Quran dari Tengah Surah, Apakah Tetap Dianjurkan Baca Basmalah?

0
1358

BincangSyariah.Com – Kita sering menjumpai seseorang yang hendak mengutip ayat tertentu hanya membaca ta’awwudz saja, tanpa membaca basmalah. Begitu juga ketika seseorang hendak membaca Al-Quran yang dimulai dari di tengah surah, ia hanya memulai dengan ta’awwudz saja, tanpa basmalah.

Ketika hendak mengutip ayat tertentu atau membaca Al-Quran dari pertengahan surah, apakah hanya dianjurkan membaca ta’awwudz saja, sementara membaca basmalah tidak dianjurkan?

Ketika kita hendak membaca Al-Quran dari awal surah, selain dianjurkan untuk membaca ta’awwudz, kita juga dianjurkan untuk basmalah. Membaca basmalah ketika hendak membaca Al-Quran hukumnya sunnah, baik ketika shalat maupun di luar shalat.

Begitu juga ketika hendak mengutip ayat tertentu atau membaca Al-Quran dari pertengahan surah, kita dianjurkan untuk membaca ta’awwudz dan basmalah. Anjuran membaca ta’awwudz dan basmalah ini berlaku saat hendak membaca Al-Quran satu surah penuh, hendak mengutip ayat tertentu saja, atau hendak membaca dari pertengahan surah, baik di dalam shalat maupun di luar shalat.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Abu Bakar Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin berikut;

تسن التسمية لتلاوة القران و لو من اثناء سورة فى صلاة او خارجها و لغسل و تيمم و ذبح

Disunnahkan membaca basmalah ketika membaca Al-Quran, meskipun hendak membaca dari pertengahan surah, baik di dalam shalat maupun di luar shalat.

وينبغي أن يحافظ على قراءة البسملة أول كل سورة ، سوى براءة فإن أكثر العلماء قالوا إنها آية …فان قرأ من اثناء سورة استحب له ايضا نص عليه الشافعي فيما نقله العبادي.

Sepatutnya seseorang hendaknya senantiasa membaca basmalah setiap diawal surah selain awal surah Al-Bara-ah karena kebanyakan ulama berpendapat bahwa basmalah bagian dari ayat Al-Quran. Jika ia membaca Al-Quran dari pertengahan surah, maka ia juga dianjurkan membaca basmalah. Ini dikatakan oleh Imam Syafii, sebagaimana dinukil oleh Imam Al-Abbadi.

Baca Juga :  Hukum Melirihkan Bacaan Al-Qur'an pada Shalat Jahriyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here