Melihat Bangkai Nyamuk Menempel di Baju saat Salat, Apakah Salat Sah?

1
465

BincangSyariah.Com – Jika kita melihat bangkai hewan kecil seperti nyamuk dan semut saat salat menempel di baju, apakah salat kita dihukumi sah?

Dalam Islam, semua bangkai hewan haram dimakan dan dihukumi najis, termasuk bangkai hewan kecil seperti bangkai nyamuk, semut, kutu, dan lain sebagainya. Karena itu, jika saat salat kita melihat bangkai hewan kecil ini menempel di baju kita, maka salat yang kita lakukan dihukumi tidak sah. Hal ini karena salah satu syarat sah salat adalah suci dari najis.

Hanya saja jika bangkai hewan kecil ini jatuh ke dalam air, maka air tersebut tidak menjadi najis karena najisnya dimaafkan atau dima’fu. Berbeda halnya jika menempel di baju atau tubuh, maka tetap dihukumi najis dan baju atau tubuh yang terkena bangkai hewan tersebut harus dibersihkan dengan air. Dan jika menempel di baju atau tubuh saat salat, maka salat kita tidak sah dan karena itu kita harus mengulangi salat kembali.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan Imam Assuyuthi dalam kitab Alasybah wan Nadzoir berikut;

الثاني : ما يعفى عنه في الماء والمائع دون الثوب والبدن وهو الميتة التي لا دم لها سائل ومنفذ الطير وروث السمك في الحب والدود الناشئ في المائع

“Kedua adalah najis yang dima’fu (dimaafkan) di dalam air dan cairan, namun tidak dima’fu ketika menempel di baju dan badan, yaitu najis bangkai hewan yang tidak memiliki darah yang mengalir, tempat keluarnya kotoran burung, kotoran ikan dan ulat yang muncul di dalam benda cair.”

Adapun jika kita hanya melihat darah nyamuk menempel di baju saat salat dan darah terseut sedikit, maka salat yang kita lakukan dihukumi sah karena darah nyamuk tersebut termasuk najis yang dima’fu jika menempel di baju dan tubuh.

Baca Juga :  Hukum Salat dengan Pakaian Terkena Darah Nyamuk

Dalam kitab Alasybah wan Nadzoir, Imam Assuyuthi berkata sebagai berikut;

ما يعفى عن قليله وكثيره في الثوب والبدن وهو : دم البراغيث والقمل والبعوض والبثرات والصديد والدماميل والقروح وموضع الفصد والحجامة

“Najis yang dima’fu, baik sedikit maupun banyak, jika menempel di baju dan badan. Yaitu darah kutu loncat, darah kutu rambut, darah nyamuk, darah jerawat, nanah, bisul, cacar dan darah bekas bekam.”

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here