Melakukan Shalat Sunah Setelah Witir, Masih Bolehkah.?

0
403

BincangSyariah.Com – Bolehkah melakukan shalat sunah setelah witir? Memang benar, ada sebuah hadis sahih riwayat Imam al-Bukhari dan Muslim yang bersumber dari Sayyidina Abdullah Ibn Umar menyebutkan bahwa Nabi Saw pernah bersabda, “Akhirilah shalat malam kalian dengan Witir!”.

Namun para ulama memahami hadis itu hanya sebatas anjuran kesunahan semata, bukan sebuah keharusan/kewajiban. Pendapat seperti ini diungkapkan oleh Imam Nawawi dalam karyanya, al-Majmu’ Syarh al-Muhaddzab. Jadi bagi seseorang yang sudah terlanjur shalat witir setelah tarawih misalnya, masih diperbolehkan mengerjakan shalat sunat lain pada malam harinya. Namun setelah itu tidak dianjurkan lagi mengakhirinya dengan salat Witir kembali, karena mengamalkan hadis lain riwayat Imam Abu Daud dan al-Tirmidzi yang bersumber dari Thalq ibn Ali yang melarang adanya dua Witir dalam satu malam.

Kesimpulannya, kalau boleh memilih cara yang paling ideal bagi seseorang yang akan menambah shalat sunahnya di malam hari adalah dengan mengakhirkan pelaksanaan shalat witirnya, karena hal itu tidak berseberangan dengan dalil manapun. Allahu A’lam

Baca Juga :  Apakah Orang yang Setengah Gila Tetap Wajib Shalat ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here