Manfaat Membaca Surah Al-Baqarah

3
4342

BincangSyariah.Com – Surah al-Baqarah merupakan surah kedua dari urutan surah-surah yang ada dalam al-Qur’an dan merupakan surah terpanjang di antara surah-surah yang lain. Selain itu, surah al-Baqarah mengandung beberapa pokok pembahasan. Di antaranya adalah soal keimanan, kemudian tentang hukum-hukum, misalnya tentang perintah shalat, zakat, puasa, haji, umrah dan lainnya.

Selain itu, surah al-Baqarah juga mengandung kisah-kisah, sebagai contoh kisah tentang penciptaan Nabi Adam, kisah Nabi Musa, kisah Nabi Ibrahim, dan lain sebagainya. Selanjutnya surah itu mengandung penjelasan seputar sifat-sifat orang yang bertakwa, orang-orang munafik dan lainnya.

Terdapat beberapa hadis Nabi Saw yang menjelaskan keutamaan dan manfaat membaca surah al-Baqarah ini. Di antaranya adalah hadis riwayat Ibnu Hibban dari Sahl bin Sa’ad, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda:

إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ سَنَامًا وَإِنَّ سَنَامَ الْقُرْآنِ سُـوْرَةُ الْبَقَرَةِ مَنْ قَرَأَهَا فِى بَيْـتِهِ لَيْلاً لَمْ يَدْخُلِ الشَّيْطَانِ بَيْـتَهُ ثَلاَثَ لَيَالٍ وَمَنْ قَرَأَهَا نَهَارًا لَمْ يَدْخُلِ الشَّيْطَانِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ

Sesungguhnya segala sesuatu memiliki punuk dan sesungguhnya punuk al-Qur’an adalah surah al-Baqarah. Barang siapa membacanya malam hari di rumahnya maka setan tidak akan masuk ke rumahnya selama tiga malam. Barang siapa membacanya siang hari maka setan tidak akan masuk ke rumahnya selama tiga hari.”

Juga ada hadis riwayat al-Imam al-Bukhari dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda:

إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِـرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِيِّ لَنْ يَزَالَ مَعَكَ مِنَ الله حَافِظٌ وَلاَ يَقْرُبُكَ شَيْطَانٌ حَتيُّ تُصْبِحَ

Jika kamu menempati tempat tidurmu maka bacalah Ayat Kursi niscaya akan senantiasa ada penjaga dari Allah yang bersamamu dan setan tidak akan mendekat kepadamu hingga pagi.”

Dalam hadis yang lain riwayat al-Imam al-Bukhari dari Ibnu Mas’ud, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda:

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُـوْرَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَـتَاهُ

Baca Juga :  Kesunahan Menghidupkan Malam Hari Raya Idul Fitri

Barang siapa membaca dua ayat terakhir surah al-Baqarah dalam suatu malam maka keduanya akan mencukupinya”

Al-Imam Ahmad dan al-Darimi meriwayatkan hadis dari Buraidah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda:

” تَعَلَّمُوا الْبَقَرَةَ ؛ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ، وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ، وَلَا يَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ . تَعَلَّمُوا الْبَقَرَةَ، وَآلَ عِمْرَانَ ؛ فَإِنَّهُمَا هُمَا الزَّهْرَاوَانِ يَجِيئَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ غَيَايَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ تُجَادِلَانِ عَنْ صَاحِبِهِمَا

“Pelajarilah surah al-Baqarah, karena menguasainya adalah berkah dan meninggalkannya adalah kerugian, dan tidak mampu dilawan oleh penyihir. Pelajarilah surah al-Baqarah dan Ali ‘Imran, karena keduanya adalah cahaya yang datang di hari kiamat, keduanya seperti dua awan putih atau dua naungan atau keduanya seperti kumpulan burung yang berkumpul membentangkan sayap, keduanya membela orang yang menguasai kedua surah itu.”

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here