Lupa Membaca Tasbih dalam Shalat Tasbih, Apakah Harus Melakukan Sujud Sahwi?

0
1917

BincangSyariah.Com –  Shalat Tasbih merupakan bagian dari shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Hakikatnya, tata cara pelaksanaan shalat Tasbih sangat mirip dengan pelaksanaan shalat pada umumnya. Bedanya hanya dalam shalat tasbih ada tambahan bacaan kalimat tasbih, sementara shalat lainnya tidak ada. Lalu bagaimana jika lupa membaca tasbih ketika melaksanakan shalat Tasbih, apakah harus melakukan sujud sahwi?

Menurut Imam Ibnu Hajar, status tasbih dalam shalat Tasbih sama dengan status takbir tambahan dalam shalat ‘Idul Fitri dan ‘Idul Adha. Baik tasbih dalam shalat Tasbih maupun takbir tambahan dalam ‘Idul Fitri dan ‘Idul Adha sama-sama disebut sunnah haiah, yaitu perbuatan sunnah yang tidak perlu melakukan sujud sahwai jika lupa atau sengaja tidak dikerjakan.

Oleh karena itu, jika kita lupa membaca tasbih dalam shalat Tasbih, maka kita tidak perlu melakukan sujud sahwi, sebagaimana juga kita tidak perlu sujud sahwi jika kita lupa melakukan takbir tambahan dalam shalat ‘Idul Fitri dan ‘Idul Adha. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Abu Bakr Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin berikut;

والتسبيحات فيها هيئة كتكبيرات العيدين، بل أولى، فلا يسجد لترك شئ منها

Bacaan tasbih dalam shalat Tasbih disebut sunnah haiah sebagaimana takbir tambahan dalam shalat ‘Idul Fitri dan ‘Idul Adha, bahkan lebih utama. Karena itu, tidak perlu melakukan sujud sahwi karena meninggalkan sebagian bacaan tasbih tersebut.

Dalam kitab Al-Azkar, Imam Nawawi menyebutkan sebuah pertanyaan yang diajukan kepada Ibnu Al-Mubarak berikut;

قيل لعبد الله بن المبارك ان سها فى صلاة التسبيح ايسبح فى سجدتي السهو عشرا عشرا قال لا انما هي ثلاثمائة تسبحة

Dikatakan kepada Abdullah Ibnu Al-Mubarak; Jika lupa dalam shalat Tasbih, apakah harus membaca tasbih dalam sujud sahwi sebanyak sepuluh kali, sepuluh kali? Ibnu Al-Mubarak berkata, ‘Tidak, sesungguhnya tasbih dalam shalat Tasbih berjumlah 300 tasbih.

Baca Juga :  Bolehkah Memegang Tasbih dengan Tangan Kiri Saat Berzikir?

Dengan demikian, meskipun bacaan tasbih menjadi ciri khas shalat Tasbih, namun jika kita lupa membacanya, maka kita tidak perlu melakukan sujud sahwi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here