Tiga Perbuatan Sunah Sebelum Melaksanakan Salat Wajib

0
1847

BincangSyariah.Com – Setiap hari sebanyak lima kali kita melaksanakan salat wajib, yaitu Zuhur, Asar, Magrib, Isya dan Subuh. Agar salat yang kita lakukan sempurna dan berjalan dengan baik, ada perbuatan sunah yang dianjurkan untuk kita lakukan sebelum salat wajib.

Dalam kitab Alfiqhul Manhaji disebutkan bahwa perbuatan sunah sebelum salat wajib tidak lebih dari tiga hal, yaitu sebagai berikut.

1. Mengumandangkan azan.

Setiap hendak melaksanakan salat wajib, dianjurkan mengumandangkan azan terlebih dahulu, baik salat sendirian atau berjamaah. Namun demikian, bagi orang yang salat sendirian hendaknya mengumandangkan azan tanpa suara keras, cukup dengan suara pelan saja.

Adapun azan yang bertujuan untuk memberitahukan masuknya waktu salat wajib, maka dianjurkan dengan suara keras melalui pengeras suara, azan di atas menara atau lain sebagainya.

Untuk salat sunah, baik yang dianjurkan berjamaah atau tidak, tidak dianjurkan mengumandangkan azan terlebih dulu sebelum salat. Hanya saja, bagi salat sunah yang dianjurkan berjamaah seperti salat Idul Fitri, Idul Adha, Kusuf, dan lainnya, dianjurkan membaca kalimat berikut; ‘Asshalatu jami’ah.

2. Melakukan iqamah.

Setelah mengumandangkan azan, dianjurkan melakukan iqamah ketika salat sudah ingin dilaksanakan. Laki-laki maupun perempuan ketika hendak melaksanakan salat, baik salat sendirian atau berjamaah, dianjurkan untuk melakukan iqamah terlebih dahulu.

3. Membuat sutrah atau pembatas di depannya.

Membuat sutrah atau pembatas sebelum salat sangat dianjurkan agar tidak ada orang lain yang lewat di depannya. Sutrah ini bisa dari sajadah, garis, dinding atau lainnya.

Disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Sahl bin Sa’ad, dia berkata;

كان بين مصلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وبين الجدار ممر الشاة

Baca Juga :  Anjuran Mengucapkan Amin Setelah Membaca Al-Fatihah

“Antara tempat sujud Nabi Saw. dan dinding hanya berjarak seluas kambing bisa lewat.”

Dari penjelasan di atas, selayaknya tiga hal di atas dilakukan sebelum salat agar salat yang kita lakukan sempurna dan berjalan dengan baik. Tiga hal di atas hukumnya sunah, namun sangat dianjurkan untuk dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.