Lima Hal yang Sunnah Dilakukan Setelah Memasuki Masjid Hingga Sebelum Shalat Jumat Dimulai

0
538

BincangSyariah.Com – Imam Ghazali dalam Bidayatul Hidayah menyebutkan bahwa kedekatan manusia dalam pan­dangan Allah SWT, bergantung pada cepatnya umat Islam menuju salat Jumat. Karena itu hendaklah seseorang bersegera menuju masjid dan pada rentang waktu ketika telah sampai di masjid hingga jamaah shalat jumat didirikan, sunah melakukan hal berikut;

Pertama, apabila engkau berada di mesjid, usahakan untuk berada di shaf yang pertama. Jika manusia sudah banyak berkerumun, jangan mele­wati pundak mereka dan jangan pula lewat di hadapan mereka yang sedang salat. Duduklah dekat tembok agar mereka tidak lewat di depanmu.

Kedua, sebelum duduk lakukan­lah salat tahiyatul masjid. Lebih baik lagi, kalau engkau salat sebanyak empat rakaat.

Ketiga, Perbanyaklah membaca salawat atas Rasulullah saw sebelum khatib naik mimbar. Manakala imam atau khatib sudah naik mimbar, berhentilah dari salat dan berbicara.

Keempat, sibukkan dirimu dengan menjawab panggilan azan.

Kelima, sibukkan dirimu dengan mendengarkan khutbah dan ceramah. Sama sekali tak boleh berbicara ketika khatib sedang berkhotbah. Dalam riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan, “Siapa yang ber­kata kepada temannya, `Diamlah” saat imam berkhot­bah maka ia telah berbuat sia-sia. Dan siapa yang ber­buat sia-sia, maka ia tak mendapat keutamaan Jumat.” Hal itu karena perintah diam itu sendiri berbentuk ucapan. Sebaiknya larangan diberikan dalam bentuk isyarat, bu­kan dengan kata-kata.

Ketika shalat jumat akan didirikan dan setelah khatib selesai berkhutbah, maka ikutilah gerakan dan perbuatan Imam dalam rangkaian jamaah shalat Jumat yang  dilaksanakan. Wallahu’alam.

Baca Juga :  Hukum Shalat Jumat bagi Musafir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here