Lima Hal yang Diharamkan Saat Junub

0
5299

BincangSyariah.Com – Dua hal yang menyebabkan seorang muslim dikategorikan junub adalah keluarnya air mani atau sperma dan adanya persetubuhan. Berikut adalah lima hal yang diharamkan saat junub sebagaimana diterangkan dalam kitab Al-Fiqh Al-Manhaji Ala Madzhab Al-Imam Asy-Syafii.

Pertama. Shalat, baik fardlu maupun sunnah. hal ini didasarkan pada ayat

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَىٰ حَتَّىٰ تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّىٰ تَغْتَسِلُوا…. [سورة النساء: الآية 43].

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. (Q.S. An-Nisa/4: 43).

Selain itu, dasar hadisnya adalah riwayat Ibnu Umar r.a. sebagai berikut.

إِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « لاَ تُقْبَلُ صَلاَةٌ بِغَيْرِ طُهُورٍ وَلاَ صَدَقَةٌ مِنْ غُلُولٍ » رواه مسلم.

“Sungguh aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Tidak diterima shalat yang tanpa bersuci dan (tidak diterima) shadaqah dari korupsi.” (HR. Muslim)

Oleh karena itu, orang yang masih dalam keadaan junub, haram melaksanakan shalat sampai ia bersuci terlebih dahulu.

Kedua. Berdiam diri dan duduk di dalam masjid. Adapun jika hanya melewati saja, tanpa berdiam diri, maka tidak haram.

Allah swt. berfirman:

وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّىٰ تَغْتَسِلُوا…. [سورة النساء: الآية 43].

(jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. (Q.S. An-Nisa/4: 43).

Rasulullah saw. pun bersabda:

” لا أجل المسجد لحائض، ولا لجنب ” (رواه أبو داود)

 Tidak ada masjid bagi wanita haid dan orang junub. (HR. Abu Daud). Maksudnya adalah tidak boleh berdiam diri (lama) di masjid.

Baca Juga :  Bolehkah Umrah dengan Berhutang?

Ketiga. Thawaf atau mengelilingi ka’bah baik thawaf wajib maupun sunnah. Hal ini disebabkan karena thawaf sama dengan shalat yang disyaratkan dalam keadaan suci ketika menjalankannya.

Rasulullah saw. bersabda,

الطَّوَافُ بِالْبَيْتِ صَلاَةٌ إِلاَّ أَنَّ اللَّهَ أَحَلَّ لَكُمْ فِيهِ الْكَلاَمَ ، فَمَنْ يَتَكَلَّمُ فَلاَ يَتَكَلَّمُ إِلاَّ بِخَيْرٍ. رواه الحاكم.

“Thawaf di Baitullah itu seperti shalat, kecuali sungguh Allah menghalalkan bagi kalian berbicara di dalamnya (thawaf). Siapa yang berbicara, maka hanya boleh berbicara kebaikan.” (HR. Al-Hakim)

Keempat. Membaca Al-Qur’an.

Rasulullah saw. bersabda:

لاَ تَقْرَأِ الحَائِضُ وَلاَ الجُنُبُ شَيْئًا مِنَ القُرْآنِ (رواه الترمذي)

Wanita haid, dan junub tidak boleh membaca sedikitpun dari Al-Qur’an.(HR. At-Tirmidzi)

Namun, jika cara membacanya hanya di dalam hati tanpa melafadzkannya, maka diperbolehkan, sebagaimana diperbolehkan memandang mushaf Al-Qur’an. Dan diperbolehkan juga membaca dzikir-dzkir yang berasal dari ayat Al-Qur’an, namun dengan niat dzikir tidak niat membaca Al-Qur’an. Seperti ketika membaca doa Rabbanaa Atinaa fiddunyaa hasanah wafil akhirati hasanah (Al-Baqarah: 201). Atau ketika berdoa hendak berpergian “Subhanalladzi sakkhara lanaa haadzaa wa maa kunna lahuu muqriniin (Q.S. Az-Zukhruf:13). Hal itu diperbolehkan dengan niat dzikir, bukan niat membaca Al-Qur’an.

Kelima. Menyentuh dan membawa mushaf Al-Qur’an, menyentuh sobekan kertas dan sampul Al-Qur’an, atau membawa Al-Qur’an yang berada di dalam kantong atau kotak.

Allah swt. berfirman:

لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ

“Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.” (Q.S. Al-Waqi’ah: 79)

Rasulullah saw. bersabda:

” لا يمس القرآن إلا طاهر “( رواه الدارقطني ومالك).

“Hanya orang yang sucilah yang boleh menyentuh Al-Qur’an.” (HR. Ad-Daruquthni dan Malik). Wa Allahu A’lam bis Shawab.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here