Lima Etika Menghadiri Undangan

1
555

BincangSyariah.Com – Sebagai makhluk sosial manusia tentu tidak akan terlepas dengan interaksi antar sesama. Banyak peristiwa atau kejadian yang akan menyebabkan kita untuk berinteraksi dengan orang lain, menghadiri undangan misalnya. Menghadiri undangan merupakan hal yang sangat dianjurkan, Rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadis;

ائتوا الدعوة إذا دعيتم رواه مسلم

“Hadirilah undangan jika kalian diundang.” (HR. Muslim)

Ada beberapa etika dalam menghadiri undangan sebagaimana disebutkan oleh Imam Ghazali dalam kitab fenomenalnya Ihya Ulumiddin:

Pertama, orang yang hendak menghadiri undangan tidak boleh membeda-bedakan antara orang kaya dan miskin karena hal itu merupakan bentuk kesombongan yang jelas terlarang.

Kedua, tidak boleh untuk tidak menghadiri undangan karena jarak yang jauh sebagaimana tidak bolehnya mengabaikan undangan orang miskin dan orang yang tidak mempunyai pangkat.

Ketiga, tidak boleh mengabaikan undangan hanya karena ia berpuasa. Orang yang berpuasa harus tetap menghadiri undangan, jika berbuka membuat sang tuan rumah senang maka berbukalah seraya berharap pahala dari Allah karena sudah menyenangkan orang lain dengan harus berbuka. Hal tersebut dilakukan apabila puasa yang ia jalankan adalah puasa sunnah.

Empat, tidak boleh menghadiri undangan apabila makanan yang disuguhkan syubhat atau tempat duduknya terbuat dari sesuatu yang tidak halal dan dalam undangan tersebut terdapat sebuah kemaksiatan seperti ghibah, mengadu domba, berkata bohong dan lain sebagainya.

Lima, dalam menghadiri sebuah undangan tidak boleh bertujuan untuk memenuhi syahwat perut karena itu merupakan perkara duniawi akan tetapi dia harus memperbaiki niatnya yaitu untuk mengikuti sunnah Nabi saw agar hal tersebut bernilai amal akhirat.

Tentu larangan tidak diperbolehkannya mengabaikan sebuah undangan apabila orang yang diundang sedang tidak dalam keadaan udzur syar’i. Namun apabila dia sedang berudzur hal tersebut diperbolehkan. Wallahu A’lam.

Baca Juga :  Lebih Baik Mana Salat di Tempat yang Sama atau Beda Tempat?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here