Lebih Baik Mana, Shalat Witir Berjemaah atau Sendirian di Akhir Malam?

0
1153

BincangSyariah.Com – Ketika kita shalat tarawih di masjid, terkadang ada sebagian jemaah yang pulang setelah pelaksanaan shalat tarawih. Dia tidak ikut melaksanakan shalat witir berjemaah bersama imam. Bisa jadi, hal itu dia lakukan karena hendak melaksanakan shalat witir sendirian di rumah di akhir malam. Sebenarnya, lebih baik mana antara melaksanakan shalat witir berjamaah atau sendirian di akhir malam di bulan Ramadhan?

Menurut ulama Hanabilah, Syafiiyah, dan sebagian pendapat ulama Hanafiyah, melaksanakan shalat witir secara berjemaah di bulan Ramadhan hukumnya adalah sunnah dan dianjurkan. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

والجماعة في صلاة الوتر سنة في شهر رمضان عند الحنابلة ، ومستحبة عند الشافعية وفي قول عند الحنفية

Berjamaah dalam shalat witir adalah sunnah di bulan Ramadhan, menurut ulama Hanabilah. Dan, dianjurkan menurut ulama Syafiiyah dan sebagian pendapat ulama Hanafiyah.

Namun demikian, menurut para ulama, kesunnahan dan anjuran melaksanakan shalat witir secara berjemaah ini berlaku bagi orang yang tidak biasa melaksanakan shalat sunnah di akhir malam. Adapun bagi orang yang biasa melaksanakan shalat sunnah di akhir malam, maka lebih baik dia melaksanakan shalat witir di akhir malam meskipun tanpa berjemaah.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ berikut;

إذَا اسْتَحْبَبْنَا الْجَمَاعَةَ فِي التَّرَاوِيحِ اُسْتُحِبَّتْ الْجَمَاعَةُ أَيْضًا فِي الْوِتْرِ بَعْدَهَا بِاتِّفَاقِ الْأَصْحَاب بِاتِّفَاقِ الْأَصْحَابِ فَإِنْ كَانَ لَهُ تَهَجُّدٌ لَمْ يُوتِرْ مَعَهُمْ بَلْ يُؤَخِّرُهُ إلَى آخِرِ اللَّيْلِ كَمَا سَبَقَ فَإِنْ أَرَادَ الصَّلَاةَ مَعَهُمْ صَلَّى نَافِلَةً مُطْلَقَةً وَأَوْتَرَ آخِرَ اللَّيْلِ

Jika kita menganjurkan berjemaah dalam shalat Tarawih, maka juga dianjurkan berjemaah dalam shalat witir setelah melaksanakan shalat Tarawih dengan kesepakatan ulama Syafiiyah. Jika seseorang memiliki tahajud (di akhir malam), maka hendaknya dia tidak melaksanakan shalat bersama jemaah. Sebaliknya, dia hendaknya mengakhirkan shalat witir sampai malam sebagaiman penjelasan di depan. Jika dia hendak melaksanakan shalat bersama jemaah, maka hendaknya dia shalat sunnah mutlak, kemudian melaksanakan shalat witir di akhir malam.

Baca Juga :  Salat yang Pahalanya Sejajar dengan Lailatul Qadar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here