Lebih Baik Berkurban Hewan Ternak Jantan atau Betina?

0
847

BincangSyariah.Com – Ketika hendak berkurban, seseorang dianjurkan untuk memilih hewan yang terbaik, baik dari kesempurnaan anggota tubuh, tubuh yang besar dan gemuk, dan lainnya. Hal ini dikarenakan kurban merupakan salah satu syiar Allah yang harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Di masyarakat ada anggapan kuat bahwa hewan ternak jantan lebih baik dibanding hewan ternak betina untuk dijadikan kurban. Karena itu, hewan ternak jantan biasanya lebih mahal harganya dibanding hewan betina. Benarkah demikian?

Benarkah hewan jantan lebih baik dijadikan kurban dibanding hewan betina disebabkan hewan jantan lebih mahal?

Para ulama sepakat bahwa hewan ternak yang dijadikan kurban boleh jantan dan juga boleh betina. Kedua jenis kelamin terbsebut sama-sama sah dijadikan kurban. Dalam kitab Alfiqhul Islmai wa Adillatuhu disebutkan;

اتفق العلماء على أن الأضحية لا تصح إلا من نَعم: إبل وبقر (ومنها الجاموس) وغنم (ومنها المعز) بسائر أنواعها، فيشمل الذكروالأنثى، والخصي والفحل

Para ulama fiqih sepakat bahwa kurban tidak diperbolehkan kecuali dengan binatang ternak yaitu; unta, sapi (termasuk kerbau) dan kambing (termasuk kambing kacang) dengan segala jenisnya mencakup hewan ternak jantan atau betina, yang dikebiri atau menjadi pejantan.

Imam Nawawi dalam kitabnya Almajmu menyebutkan, kebolehan berkurban dengan hewan ternak jantan maupun betina ini sudah merupakan ijma ulama.

يَصِحُّ التَّضْحِيَةُ بِالذَّكَرِ وَبِالْأُنْثَى بِالْإِجْمَاعِ

“Sah berkurban dengan hewan ternak jantan dan betina dengan kesepakatan atau ijma ulama.”

Namun demikian, menurut Imam Arramli, hewan ternak jantan lebih baik dijadikan kurban. Hal ini disebabkan hewan ternak jantan dagingnya lebih bagus dan juga harganya lebih mahal. Dalam kitab Nihayatul Muhtaj, Imam Arramli berkata;

ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺫﻛﺮ ﻭﺃﻧﺜﻰ ﻭﺧﻨﺜﻰ ﻟﻜﻦ ﺍﻟﺬﻛﺮ ﻭﻟﻮ ﺑﻠﻮﻥ ﻣﻔﻀﻮﻝ ﻓﻴﻤﺎ ﻳﻈﻬﺮ ﺃﻓﻀﻞ

Baca Juga :  Empat Hal yang Disunahkan saat Terjadi Gerhana

“Boleh berkurban dengan hewan ternak jantan, betina dan hewan yang tidak jelas kelaminnya. Namun demikian, hewan ternak jantan meski warna bulunya kurang bagus, menurut pendapat yang zahir, lebih utama.”



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here