Lakukan Lima Hal Ini agar Usaha yang Anda Jalankan Lancar

1
2732

BincangSyariah.Com – Islam mengajarkan kepada para pemeluknya agar giat  berusaha dalam mencari rezeki. Rezeki memang telah diatur oleh Allah Swt. Ia tidak pernah alpa dalam memberikan rezeki pada semua makhluk, bahkan seekor burung sekalipun.

Rasulullah pun senantiasa mengingatkan kepada umatnya bahwa sebaik-baiknya rezeki seseorang adalah yang berasal dari usaha dan kerja keras yang ia lakukan sendiri. Sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadis

ما أكل أحد طعاما قط خيرا من أن يأكل من عمل يده، وإن نبي الله داود عليه السلام كان يأكل من عمل يده

” Tidaklah sesorang memakan suatu makanan yang lebih baik dari makanan yang ia makan dari hasil kerja kerasnya sendiri. Karena Nabi Daud As dahulu bekerja pula dengan  hasil kerja keras tangannya.”(HR. Bukhari)

Terkait hadis di atas, Abu Laits Samarqandi dalam kitab Tanbihul Ghafilin menerangkan bahwa orang yang ingin supaya pekerjaan atau usahanya lancar, maka ia harus menjaga 5 hal berikut ini

Pertama. Tidak menunda-nunda kewajiban terhadap Allah sedikitpun karena urusan usaha dan tidak sedikitpun menguranginya. Seperti segera meninggalkan pekerjaan ketika mendengar azan shalat jumat, atau segera shalat begitu masuk waktunya jangan menunda-nunda hingga waktu shalat hampir habis.

Kedua. Tidak mengganggu orang lain dalam berusaha. Sebab rezeki seseorang telah ditentukan oleh Allah, maka bersainglah secara sehat tanpa merasa iri dan hasud. Lebih baik jadikan persaingan sebagai pemicu untuk semakin berinovasi dan mengembangkan ide usaha.

Ketiga. Dengan usaha itu dia berniat untuk menjaga kehormatan diri dan keluarganya, tidak untuk memperbanyak dan menumpuk-numpuk harta.

Keempat. Tidak memaksakan diri. Lakukanlah yang terbaik dalam bekerja hingga batas maksimal yang bisa kau  usahakan, namun jangan sampai memaksakan diri. Jika engkau merasa telah melakukan yang terbaik maka hal terakhir adalah bertawakallah kepada Allah Swt, ikhlas dan serahkan hasil akhir kepada-Nya

Baca Juga :  Manfaat Membaca Surah Al-Baqarah

Kelima. Tidak menganggap bahwa rezeki itu semata-mata hasil usaha, akan tetapi harus menyadari bahwa rezeki itu berasal dari Allah Swt, dan usaha yang dijalankan itu hanyalah sebagai sebab.

Wallahu’alam.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here