Lakukan Empat Hal Ini agar Hidup Berkah

0
340

BincangSyariah.Com – Dikaruniai kehidupan yang penuh dengan keberkahan merupakan salah satu nikmat yang dianugerahkan Allah kepada hamba-Nya. Berkah dalam kamus besar bahasa Indonesia merupakan karunia tuhan yang membawa kebaikan dalam hidup manusia. Keberkahan yaitu keberuntungan, kebahagiaan.

Adapun dalam bahasa arab berasal dari kata barakah yang berarti a-namau wa al-ziyadah penambahan, al-sa’adah kebahagiaan, dan al-ni’mah kenikmatan. Adapun agar hidup yang kita jalani penuh berkah, kita bisa melakukan empat hal berikut ini

Pertama, bertakwa dan taat kepada Allah dan rasul-Nya serta menjauhi larangan-Nya. Adapun amalan takwa yang paling cepat mendatangkan keberkahan dalam hidup adalah silaturahim.Sebagaimana Imam Bukhari meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah mengatakan bahwa barang siapa yang ingin dimudahkan rejeki dan dipanjangkan umurnya agar selalu menyambung silaturahim.

Adapun larangan yang paling harus dihindari adalah menipu, riba dan lainnya. Sebab Allah berfrman

يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِ ۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ

Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa. (QS. al-Baqarah; 276)

Muhammad Amin al-Syanqithi dalam A’dhwa al-Bayan mengutip Ibnu Kastir, menjelaskan bahwa  ayat di atas menjelaskan bahwa harta seseorang yang bercampur atau didapat karena riba maka hartanya tidak akan berkah dan tidak akan mendapatkan manfaat terhadap pemiliknya.

Kedua, bersyukur atas nikmat yang telah Allah karuniakan. Sebab dalam QS Ibrahim [14]: 7, Allah telah menjanjikan akan menambah nikmat bagi orang-orang yang bersyukur.

Adapun syukur tidak cukup hanya di bibir saja, tapi dalam hati dan perbuatan. Syukur dengan hati yaitu dengan menyadari bahwa segala nikmat yang ia peroleh sungguh karena kemurahan Allah. Adapun dengan lisan dengan tidak menyombongkan kekayaan yang dimiliki sebab semua hanya titipin Allah. Adapun bersyukur dengan perbuatan yaitu dengan tidak menggunakan harta yang dimiliki untuk hal-hal yang diharamkan, sebaliknya ia gunakan untuk kebaikan seperti sedekah dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Bolehkah Mewakilkan Sembelihan Kurban Kepada Orang yang Tidak Salat?

Ketiga, memulai segala sesuatu dengan menyebut nama Allah, dengan melantunkan bismillah, sebagaimana Rasulullah mengajarkan kepada umatnya. Dan sebagai umat muslim kita disunahkan mengikuti adab yang diajarkan oleh rasulullah, dari adab makan dan minum, adab bergaul dengan teman, dan sebagainya.

Keempat, membiasakan diri dengan berzikir dan berdoa dengan bacaaan yang telah diajarkan Rasulullah. Seperti membaca doa pagi dan petang, zikir setelah salat fardu dan lain sebagainya.

Wallahu’alam.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here