Kriteria Hewan Akikah

0
247

BincangSyariah.Com – Untuk mengetahui kriteria hewan yang bisa digunakan untuk akikah, maka harus mengetahui kriteria hewan yang bisa digunakan untuk kurban. Hal ini karena kriteria hewan akikah sama persis dengan kriteria hewan kurban, baik dari jenis, umur maupun kesehatannya. Dalam kitab Fathul Qarib, Syaikh Muhammad bin Alqasim mengatakan sebagai berikut;

واعلم ان سن العقيقة وسلامتها من عيب ينقص لحمها والاكل منها والتصدق ببعضها وامتناع بيعها وتعينها بالنذر حكمه على ما سبق في الاضحية

“Ketahuilah bahwa usia hewan akikah, keselamatan dan kebersihannya dari cacat yang bisa mengurangi kualitas daging, makan dagingnya, membagikan sebagiannya, dilarang menjualnya dan menjadi wajib sebab nazar, hukumnya sama dan sesuai dengan hukum yang telah dijelaskan dalam masalah hewan kurban.”

Dilihat dari jenisya, hewan yang bisa digunakan akikah adalah jenis hewan an’an atau hewan ternak, yaitu sapi, unta dan kambing. Selain ketiga jenis hewan tersebut, maka tidak boleh digunakan untuk akikah. Dalam kitab Alfiqhul Islami Wa Adillatuhu, Syaikh Wahbah Azzuhaili mengatakan,

جنسها وسنها وصفتها هي مثل الاضحية من الانعام

“Jenis hewan yang bisa digunakan akikah sama persis dengan jenis hewan yang bisa digunakan untuk kurban, yaitu hewan ternak berupa unta, sapi dan kambing.”

Jika dilihat dari kesehatannya, maka hewan yang bisa digunakan untuk akikah harus bebas dari empat cacat yang telah disepakati para ulama, yaitu buta sebelah, sakit, pincang, kurus dan kering.

Dan dari segi umur, unta yang bisa digunakan akikah jika telah mencapai umur 5 tahun, sapi minimal berumur 2 tahun, kambing domba (adh-dha’n) minimal telah berumur 1 tahun, sedangkan kambing kacang (al-Ma’z) paling tidak sudah berumur 2 tahun.

Adapun hewan yang paling utama digunakan untuk akikah adalah jika memenuhi kriteria berikut; gemuk, dagingnya banyak, fisik sempurna, bentuknya bagus, dan harganya mahal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here