Khutbah Jumat sedang Berlangsung, Bolehkah Lakukan Salat Tahiyatul Masjid?

0
1689

BincangSyariah.Com – Pada setiap hari Jumat, kita diwajibkan untuk melaksanakan salat Jumat secara berjamaah di masjid. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk melakukan salat Tahiyatul Masjid ketika baru masuk masjid. Namun kadang ada sebagian kaum Muslim yang masuk masjid pada hari Jumat ketika khatib sedang menyampaikan khutbah. Bagaimana tata cara melaksanakan salat Tahiyatul Masjid saat khutbah berlangsung?

Menurut ulama Syafiiyah dan Hanabilah, jika kita masuk masjid pada saat khatib menyampaikan khutbah di atas mimbar, maka sebelum duduk kita tetap dianjurkan untuk melaksanakan salat Tahiyatul Masjid. Caranya salat ini dilaksanakan dengan ringkas dan tidak boleh lebih dari dua rakaat.

Hal ini sebagaimana telah disebutkan dalam kitab al-Fiqh ‘ala al-Mazahib al-Arba’ah berikut;

الشافعية، والحنابلة قالوا: إذا دخل المسجد والإمام فوق المنبر سن له تحية المسجد قبل أن يجلس بركعتين خفيفتين: ولا يزيد عليهما. فإن جلس لا يقوم لأدائهما

“Ulama Syafiiyah dan Hanabilah berkata, ‘Jika seseorang masuk masjid pada saat imam sudah berada di atas mimbar, maka dia disunahkan melakukan salat sunah Tahiyatul Masjid dua rakaat dengan ringkas dan dia tidak boleh menambah dari dua rakaat. Jika dia sudah duduk, maka dia tidak perlu berdiri untuk melakukan salat Tahiyatul Masjid.”

Dalam kitab Raudhatut Thalibin, Imam Nawawi juga menjelaskan sebagai berikut;

ﻭﻟﻮ ﺩﺧﻞ ﻓﻲ ﺃﺛﻨﺎﺀ ﺍﻟﺨﻄﺒﺔ ، ﺍﺳﺘﺤﺐ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﺼﻠﻲ ﺍﻟﺘﺤﻴﺔ ، ﻭﻳﺨﻔﻔﻬﺎ . ﻓﻠﻮ ﻛﺎﻥ ﻣﺎ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﺴﻨﺔ ، ﺻﻼﻫﺎ ﻭﺣﺼﻠﺖ ﺍﻟﺘﺤﻴﺔ . ﻭﻟﻮ ﺩﺧﻞ ﻭﺍﻹﻣﺎﻡ ﻓﻲ ﺁﺧﺮ ﺍﻟﺨﻄﺒﺔ ، ﻟﻢ ﻳﺼﻞ ، ﻟﺌﻼ ﻳﻔﻮﺗﻪ ﺃﻭﻝ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻣﻊ ﺍﻹﻣﺎﻡ

“Jika seseorang masuk masjid pada saat khutbah tengah berlangsung, maka dia tetap disunahkan untuk melakukan salat Tahiyatul Masjid dan hendaknya dia melaksanakan dengan ringkas. Jika dia tidak mengerjakan salat sunah, maka hendaknya dia mengerjakannya dan dia juga mendapat pahala salat Tahiyatul Masjdi. Jika dia masuk masjid dan khatib berada di penghujung khutbah, maka dia tidak perlu melakukan salat agar dia tidak kehilangan kesempatan untuk mengerjakan awal salat Jumat bersama imam.”

Baca Juga :  Lima Hal Ini Makruh Dilakukan Khatib Ketika Menyampaikan Khutbah Jumat

Dengan demikian, melaksanakan salat Tahiyatul Masjid tetap disunahkan meskipun khatib sedang menyampaikan khutbah dengan cara diringkas dan tidak boleh lebih dari dua rakaat.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here