Mengkhatamkan Al-Quran Tanpa Membaca Surah dengan Tertib, Apakah Boleh?

2
2520

BincangSyariah.Com – Mengkhatamkan Al-Quran umumnya dilakukan dengan membaca surah-surah Al-Quran dengan tertib mulai dari surah Al-Fatihah hingga surah Al-Nas. Ini dilakukan baik khataman Al-Quran secara sendirian maupun tadarus. Namun ada sebagian orang yang mengkhatamkan Al-Quran tanpa membaca urutan surah-surah Al-Quran dengan tertib, melainkan diacak. Bagaimana hukum mengkhatamkan Al-Quran tanpa membaca urutan surah-surah secara tertib, apakah boleh? (Cara Ulama Mengkhatamkan Al-Qur’an)

Perlu diketahui bahwa mengkhatamkan Al-Quran maksudnya adalah membaca sura-surah Al-Quran secara tuntas. Ini dilakukan umumnya dengan cara membaca surah-surah secara berurutan dan tertib dari mulai surah Al-Fatihah hingga surah Al-Nas.

Menurut Imam Nawawi, mengkhatamkan Al-Quran secara berurutan dan tertib dari surah Al-Fatihah hingga surah Al-Nas hukumnya adalah sunnah, bukan wajib, baik di dalam shalat maupun di luar shalat. Tidak ada keharusan membaca surah-surah Al-Quran secara berurutan dan tertib saat mengkhatamkan Al-Quran.

Oleh karena itu, mengkhatamkan Al-Quran secara acak, tanpa membaca surah-surah Al-Quran secara berurutan dan tertib, hukumnya boleh. Misalnya membaca surah Al-Fatihah lalu surah Ali Imran, lalu surah Al-Baqarah dan seterusnya hingga tuntas. Model seperti ini hukumnya boleh. Hanya saja, menurut para ulama, yang dianjurkan adalah membaca secara tertib ketika mengkhatamkan Al-Quran dari surah Al-Fatihah hingga surah Al-Nas, baik di dalam shalat maupun di luar shalat.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Tibyan fi Adabi Hamalatil Quran berikut;

(فصل) قال العلماء : الاختيار ان يقرأ على ترتيب المصحف فيقرأ الفاتحة ثم البقرة ثم ال عمران ثم ما بعدها على الترتيب وسواء قرأ في الصلاة او في غيرها

(Satu fasal) Para ulama berkata, ‘Yang dipilih hendaknya membaca Al-Quran sesuai tertib mushaf dengan cara membaca surah Al-Fatihah, lalu surah Al-Baqarah, lalu surah Ali Imran, kemudian surah-surah setelahnya secara tertib, baik membaca di dalam shalat maupun di luar shalat.

Baca Juga :  Manfaat Membaca Al-Quran dengan Melihat Mushaf

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here