Keutamaan Menunggu Shalat Ashar di Masjid Setelah Shalat Jumat

0
730

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, hari Jumat merupakan hari yang paling istimewa di antara hari-hari lainnya. Pada hari ini Allah banyak memberikan keutamaan kepada umat Muslim untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada-Nya.

Di antara keutamaan yang ada di hari Jumat adalah menunggu shalat Ashar di masjid setelah melaksanakan shalat Jumat. Ini termasuk bagian dari intidzorus sholah ba’das sholah atau menunggu shalat setelah shalat. Disebutkan bahwa menunggu shalat Ashar setelah shalat Jumat pahalanya setara dengan pahala melakukan umrah yang diterima.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam al-Baihaqi bahwa Nabi saw pernah bersabda;

اِنَّ لَكُمْ فِيْ كُلِّ جُمْعَةٍ حَجَّةُ وَعُمْرَةٌ فَالحَجَّةُ اْلهَجِيْرَةُ اِلَى اْلجُمْعَةِ وَاْلعُمْرَةُ اِنْتِظَارُاْلعَصْرِ بَعْدَ الجُمْعَةِ

“Sesungguhnya dalam setiap Jumat kalian memiliki (pahala) haji dan umrah. Haji dengan berangkat ke shalat Jumat, sementara umrah dengan  menunggu shalat Ashar setelah shalat Jumat.”

Tentu praktik menunggu shalat Ashar setelah shalat Jumat ini sangat dianjurkan terutama bagi orang yang memiliki waktu luang dan tidak ada pekerjaan yang menuntut untuk diselesaikan. Dibanding dia menghabiskan waktu antara shalat Jumat dan Ashar dengan tidur, menonton tv atau lainnya yang tidak bermanfaat, maka alangkah baiknya jika digunakan untuk menunggu datangnya waktu shalat Ashar di masjid.

Adapun bagi orang memiliki pekerjaan yang perlu diselesaikan, maka harus lebih mengutamakan pekerjaannya. Tidak baik berdiam diri di masjid dalam rangka menunggu shalat Ashar jika masih ada pekerjaan di luar masjid yang harus dilakukan. Hal ini karena bekerja, atau mencari nafkah termasuk perkara yang diperintahkan oleh Allah.

Dalam surat al-Jumuah ayat 10, Allah berfirman sebagai berikut;

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Baca Juga :  Ini Wirid setelah Shalat Jumat dari Imam Ghazali

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kalian di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kalian beruntung.”

Ayat ini berisi perintah untuk bekerja dan beraktivitas dalam rangka mencari karunia Allah setelah selesai melaksanakan shalat Jumat, bukan berdiam diri di masjid. Anjuran berdiam diri di masjid setelah melaksanakan shalat untuk menunggu shalat Ashar diperuntukkan bagi orang yang memiliki waktu kosong dan tidak ada pekerjaan yang harus diselesaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here