Keutamaan Mendoakan Kebaikan Orang lain

0
393

BincangSyariah.Com – Keimanan seorang muslim kepada Allah rupanya dapat diukur dengan rasa kasihnya terhadap saudara muslimnya yang lain. Dan salah satu bentuk kasihnya adalah mendoakan kebaikan bagi orang lain. Kebiasaan mendoakan kebaikan untuk orang lain, baik secara diam-diam atau secara langsung, sudah banyak dipraktekkan dalam kehidupan Rasulullah dan Nabi-Nabi terdahulu.

Mendoakan orang lain ternyata bukanlah aktivitas yang biasa, melainkan memiliki keutamaan yang sangat bermanfaat untuk dirinya sendiri. Sebagaimana keterangan hadis dari Abu Darda’ Radhiyallahu ‘Anhu, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam  bersabda:

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Doa seorang muslim untuk saudaranya yang tidak berada di hadapannya akan dikabulkan oleh Allah. Di atas kepala orang muslim yang berdoa tersebut terdapat seorang malaikat yang ditugasi menjaganya. Setiap kali orang muslim itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, niscaya malaikat yang menjaganya berkata, “Amin (semoga Allah mengabulkan) dan bagimu hal yang serupa.” (HR. Muslim)

Keutamaan mendoakan orang lain rupanya akan dibalas dengan doa kebaikan yang sama untuk kita yang mendoakan. Bahkan Allah secara khusus mengutus malaikat untuk menjaga. Secara tidak langsung, mendoakan kebaikan yang terbaik untuk orang lain berarti doa terbaik tersebut akan memantul kepada kita dan malaikat meng-amin-kan doa tersebut tentunya.

Bahkan dalam keterangan lain yang diriwayatkan oleh Ad Dailami menyebutkan bahwa doa seseorang terhadap saudaranya tanpa sepengatahuannya adalah salah satu doa yang paling cepat diterima oleh Allah. Terlihat jelas betapa Islam menghendaki umatnya untuk saling memupuk kasih sayang.  Sifat mulia tersebut masuk dalam keumuman sabda Rasulullah di bawah ini:

Baca Juga :  Hikmah Penyebutan Nabi Ibrahim dalam Bacaan Salawat

الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمَنُ ارْحَمُوا أهل الأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ أهل السَّمَاء

Orang-orang yang penyayang niscaya akan disayangi pula oleh ar-Rahman (Allah). Maka sayangilah penduduk bumi niscaya penghuni langit pun akan menyayangi kalian.” (HR. Ahmad)

Alhasil, mendoakan kebaikan untuk orang lain bukanlah sesuatu yang menguras tenaga dan waktu kita. Melainkan jalan pintas untuk terkabulnya doa terbaik untuk diri sendiri. Sebab mendoakan orang lain menjadi satu sebab terkabulnya doa dengan cepat dan bisa kembali untuk kita yang mendoakan. Tidak cukup hanya itu, malaikat utusan Allah pun ditugaskan oleh Allah saat itu untuk kita yang mendoakan kebaikan untuk orang lain. Subhanallah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here