Keutamaan Membaca Surah Al-Takwir

0
1532

BincangSyariah.Com – Surah Al-Takwir merupakan surah ke-81 (delapan puluh satu) dalam Al-Quran. Surah ini terdiri dari 29 (dua puluh sembilan) ayat, dan termasuk golongan surah Makkiyah. Kandungan surah ini berisi tentang hari kiamat dan balasan yang akan diterima masing-masing manusia.

Surah Al-Takwir memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Dalam kitab Lamahatul Anwar wa Nafahatul Azhar, Muhammad bin Abdul Wahid Al-Ghafiqi menyebutkan beberapa riwayat mengenai keutamaan surah Al-Takwir.

Di antaranya adalah bisa mengetahui proses terjadinya hari kiamat. Jika kita membaca surah Al-Takwir dan mengerti kandungan serta isinya, maka kita akan melihat gambaran utuh tentang hari kiamat seakan-akan kita sedang melihatnya. Ini berdasarkan riwayat berikut;

عن ابن عمر قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من سره ان ينظر الى يوم القيامة كانه رأي عين فليقرأ اذا الشمس كورت واذا السماء انفطرت واذا السماء انشقت

Dari Ibnu Umar, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda; Barangsiapa yang senang ingin melihat hari kiamat seperti halnya dia melihat dengan mata kepala, maka hendaknya dia membaca surah Idzasy syamsu kuwwirat, idzas samaa-un fathorot, dan idzas samaa-un syaqqot.

Selain itu, jika kita membaca surah Al-Takwir, maka kita akan dilindungi dari kejelekan di dunia dan akhirat. Hal ini berdasarkan riwayat berikut;

عن النبي صلى الله عليه وسلم  انه قال: من قرأ عبس واذا الشمس كورت اعاذه الله من كل فضيحة في الدارين

Dari Nabi Saw bahwa beliau bersabda; Barangsiapa membaca surah ‘Abasa dan Idzasy syamsu kuwwirat, maka akan melindunginya dari kejelekan di dunia dan akhirat.

Dalam riwayat lain juga disebutkan sebagai berikut;

عن ابي بن كعب عن النبي صلى الله عليه وسلم انه قال: من قرأ واذا الشمس كورت اعاذه الله ان تفضحه حتى تنشر صحيفته

Baca Juga :  Uzur untuk Tidak Shalat Berjamaah di Masjid

Dari Ubay bin Ka’ab, dari Nabi Saw bahwa beliau bersabda; Barangsiapa membaca surah Idzasy syamsu kuwwirat, maka Allah melindunginya untuk menjellekkannya hingga dia buku catatan amalnya diberikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here