Keutamaan Beribadah di Raudhah Masjid Nabawi

0
4343

BincangSyariah.Com – Salah satu tempat ibadah yang disucikan umat Islam adalah Masjid Nabawi di Madinah. Masjid Nabawi termasuk salah satu masjid yang didirikan oleh Nabi Muhammad, yang termasuk dalam hitungan masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil haram. Saat pertama kali dibangun oleh Rasulullah, Masjid Nabawi berukuran sekitar 50 meter x 50 meter. Namun seiring perkembangan zaman, serta makin banyak jamaah yang datang, masjid terus diperluas. Kini luasnya mencapai lebih dari 100 ribu meter persegi.

Sebagian umat Islam yang berkunjung ke Madinah senantiasa menyempatkan diri untuk beribadah di Masjid Nabawi. Bahkan jika musim haji tiba, jutaan umat Islam dari seluruh penjuru berusaha melaksanakan shalat sebanyak 40 kali (arbain) selama delapan hari di Masjid Nabawi. Yang demikian dimaksudkan untuk memperoleh keberkahannya. Sebagaimana Rasulullah bersabda:

صَلاةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاةٌ فِي ذَلِك أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ صَلاةٍ فِي هَذَا يَعْنِي فِي مَسْجِد الْمَدِينَة

Shalat dimasjidku ini lebih baik dari seribu shalat di masjid lainnya, kecuali Masjidil Haram. Dan shalat di masjid itu (Masjidil Haram) lebih baik dari seratus shalat di masjid ini (Masjid Nabawi). (HR Bukhari Muslim)

Terdapat suatu tempat yang  paling mulia di Masjid Nabawi, tempat tersebut sering dikenal dengan sebutan raudhah. Sebuah tempat dengan luas 330 M yang merupakan tempat yang terletak di antara rumah Rasulullah yang merupakan kamar Aisyah dan mimbar Nabi Muhammad yang mulia. Dinamakan raudhah sesuai dengan hadis beliau yang berbunyi:

ما بين بيتي ومنبري رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ

Di antara rumahku dan mimbarku ada raudhah min riyadhil Jannah (sebuah taman di antara taman-taman surga.” (HR. Bukhari)

Baca Juga :  Ummu Mahjan: Marbot Masjid Wanita di Masa Nabi Saw.

Allah memuliakan tempat tersebut dari tempat lain sesuai dengan kehendak-Nya. Raudhah sering juga disebut dengan taman surga yang ada di dunia sekarang. Bagaimana tidak, dengan berdoa di raudhah, maka doa pun niscaya akan dikabulkan oleh Allah. Dari situlah orang-orang banyak berlomba-lomba untuk bisa mendatangi raudhah untuk berdoa, meski melalui antrian yang panjang.  Tempat tersebut membawa orang-orang seakan-akan sedang berada di taman surga yang sesungguhnya. Lantunan takbir, tahmid, tahlil, dan shalawat menggema dimana-mana.

Demikianlah tempat yang paling mulia di Masjid Nabawi, raudhah. Salah satu tempat mustajab untuk berdoa dan meminta kepada Allah. Tak heran jika umat Islam selalu menaruh perhatian besar saat di raudhah dan berlomba-lomba untuk mengunjunginya. Selain ampunan Allah, siapa saja yang beribadah di tenpat mulia tersebut akan mendapatkan pahala yang berlimpah juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here