Ketinggalan Salat Id Bersama Imam, Bagaimana Cara Salatnya?

0
538

BincangSyariah.Com – Jika seseorang tertinggal salat Id bersama imam di masjid atau di lapangan, maka dia tetap dianjurkan melaksanakan salat Id meski sendirian. Namun terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama terkait jumlah rakaat salat Id jika dilaksaksanakan sendirian.

Pertama, melaksanakan salat Id dengan jumlah dua rakaat sebagaimana salat Id yang dilakukan oleh imam. Pendapat ini disampaikan oleh imam Abu Tsaur.

Kedua, melaksanakan salat Id empat rakaat dengan satu salam, atau boleh juga dua salam. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Imam Alkharaqi.

Ketiga, menurut Imam Atstsauri, boleh melaksanakan dua atau empat rakaat.
Keempat, melaksanakan salat Id dengan jumlah empat rakaat. Pendapat ini disampaikan oleh Ibnu Mas’ud.

Kelima, menurut Imam Auzai, salat dua rakaat dengan suara pelan dan tanpa takbir tambahan. Artinya tidak perlu melakukan tujuh takbir tambahan pada rakaat pertama, dan lima takbir tambahan pada takbir kedua.

Keenam, jika salat di masjid atau tempat salat Id, maka salat dua rakaat sebagaimana salat imam. Namun jika salat di tempat lain seperti di rumah, maka salat Id dengan jumlah empat rakaat.

Dari keenam pendapat di atas, maka pendapat pertama lebih banyak diikuti oleh para ulama, yaitu salat dua rakaat sebagaimana salat imam dengan tujuh takbir tambahan pada rakaat pertama dan lima takbir tambahan pada rakaat kedua.
Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Annakhai;

إذا فاتتك الصلاة مع الإمام فصل مثل صلاته وقال: وإذا استقبل الناسَ راجعين فليدخل أدنى مسجد، ثم ليصل صلاة الإمام، ومن لا يخرج إلى العيد فليصل مثل صلاة الإمام

“Ketika kamu ketinggalan salat Id bersama imam, maka salatlah sebagaimana salat imam. Dan Imam Annakhai berkata; ‘Ketika orang-orang sudah berenjak pulang, maka masuklah ke dalam masjid kemudian salat seperti salat imam. Dan orang yang tidak pergi ke tempat pelaksanaan salat Id, maka hendaklah salat Id seperti salat imam.”

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here