Ketika Jamaah, Imam Disunahkan Berhenti Sejenak pada Enam Tempat Ini

0
532

BincangSyariah – Imam Nawawi dalam At-Tibyan menjelaskan bahwa ada enam kesempatan yang disunnahkan untuk berhenti sejenak ketika imam memimpin shalat jamaah. Hal tersebut adalah termasuk dalam adab menjadi Imam serta hak para makmum.

Lamanya diam sejenak yang dilakukan Imam ini sekiranya selama bacaan subhanallah. Kecuali diam di antara bacaan Amin dan surah, hendaknya imam agak memanjangkan waktu itu kira-kira cukup untuk makmum membaca Alfatihah. Selama masa diam sejenak tersebut, diutamakan agar Imam menyibukkan diri dengan zikir. Anjuran berhenti sejenak bagi Imam terdapat pada enam tempat berikut ini

Pertama. Diam sejenak antara takbiratul ihram dan doa iftitah. agar imam bisa membaca doa tawajjuh (iftitah) di samping menunggu makmum melakukan takbiratul ihram.

Kedua, berhenti sebentar di antara doa iftitah dan ta’awuz.

Ketiga, berhenti di antara taawuz dan basmalah.

Keempat. Berhenti sejenak antara bacaan terakhir dari surah Alfatihah dan amin. Hal ini agar makmum tidak mengira bahwa amin adalah bagian dari Surat Alfatihah.

Kelima. Diam sejenak setelah makmum membaca amin, agar makmum bisa membaca Alfatihah.

Keenam. Diam sejenak setelah membaca setiap surah sekiranya memisahkan saat membaca surat dengan takbir serta gerakan mencondongkan badan untuk rukuk.

Wallahu’alam.

 

Baca Juga :  Ini Pembagian Waktu Salat Zuhur


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here