Kesunahan Ziarah ke Pemakaman Baqi saat Haji

1
7309

BincangSyariah.Com – Selain disunahkan ziarah ke makam Nabi Saw. saat menunaikan ibadah haji, juga disunahkan untuk ziarah dan mengunjungi pemakaman Baqi. Letaknya tepat di samping Masjid Nabawi dan di sana banyak sahabat Nabi Saw. dikebumikan.

Semasa masih hidup, Nabi Saw. sering mengunjungi pemakaman Baqi’ untuk mendoakan dan memintakan ampunan kepada Allah atas ahli kubur yang di kebumikan di sana. Dalam sebuah riwayat Imam Malik dari Sayidah Aisyah, dia barkata bahwa pada suatu malam Nabi Saw. bersabda;

إنِّي بُعثتُ إلى أهلِ البقيعِ لأصلِّي عليهم

“Sesungguhnya saya diutus ke ahli kubur Baqi’ untuk mendoakan mereka.”

Imam Nawawi dalam kitabnya Almajmu mengatakan, selama berada di Madinah, para jemaah haji disunahkan untuk ziarah ke makam Nabi Saw. dan pemakaman Baqi setiap hari terutama hari Jumat. Setelah selesai ziarah ke makam Nabi Saw., para jemaah disunahkan untuk melanjutkan ziarah ke pemakaman Baqi.

يستحب أن يخرج كل يوم إلى البقيع خصوصا يوم الجمعة ، ويكون ذلك بعد السلام على رسول الله صلى الله عليه وسلم

“Disunahkan keluar ke pemakaman Baqi’ setiap hari terutama pada hari Jumat. Hal itu dilakukan setelah selesai mengucapkan salam kepada Rasulullah Saw.”

Kemudian saat masuk ke pemakaman Baqi’, disunahkan untuk membaca ucapan salam dan doa berikut;

السلام عليكم دار قوم مؤمنين وإنا إن شاء الله بكم لاحقون . اللهم اغفر لأهل الغرقد . اللهم اغفر لنا ولهم

Assalamu ‘alaikum dara qaumim mukminin wa inna insyaallahu bikum lahiqun. Allahummaghfir li ahlil gharqat allahummaghfir lana wa lahum.

“Keselamatan atas kalian, wahai rumah kaum mukmin. Sesungguhnya kami -insya Allah- akan bertemu dengan kalian. Ya Allah, ampunilah ahli kubur gharqat. Ya Allah, ampunilah kami dan mereka.”

Secara khusus, disunahkan untuk mendatangi makam-makam tertentu ketika di Baqi’. Makam yang perlu didatangi ketika di Baqi’ adalah makam Sayidina Ibrahim putra Nabi Saw., Sayidina Utsman bin Affan, Sayidina Abbas, Sayidina Hasan bin Ali bin Abi Thalib, Ali bin Alhusain, Muhammad bin Ali, Ja’far bin Muhammad dan lainnya, kemudian diakhiri dengan mendatangi makam Shafiyah bibi Nabi Saw.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here