Kesunahan dan Keutamaan Shalat Sunnah Fajar

0
1997

BincangSyariah.Com – Shalat sunnah fajar adalah salah satu amalan sunnah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah. Shalat yang memiliki keutamaan yang tak ternilai harganya. Salat fajar dilakukan dengan dua rakaat pada saat sebelum shalat subuh. Cara mengerjakannya adalah sama seperti salat-salat lainnya. Namun disebutkan dalam sebuah keterangan hadis bahwa shalat sunnah fajar ini dilakukan dengan ringan, atau tidak dengan memanjangkan bacaannya. Yang penting tetap dengan menjaga syarat dan rukun dalama syarat. Hal tersebut ditunjukkan oleh kisah berikut :

عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ حَفْصَةَ أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ أَخْبَرَتْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا سَكَتَ الْمُؤَذِّنُ مِنْ الْأَذَانِ لِصَلَاةِ الصُّبْحِ وَبَدَا الصُّبْحُ رَكَعَ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ تُقَامَ الصَّلَاةُ

Dari Ibnu Umar, beliau berkata bahwasanya Hafshah Ummul Mukminin telah menceritakan kepadanya bahwa dahulu bila muazin selesai mengumandangkan azan untuk salat subuh dan telah masuk waktu subuh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan salat sunnah dua rakaat dengan ringan sebelum melaksanakan salat subuh.

Salah satu yang membedakan shalat sunah fajar dengan lainnya adalah terletak pada keutamaannya. Shalat sunnah fajar ini dikatakan sebagai salat yang lebih baik dari pada dunia dan seisinya, sebagaimana diriwayatkan dari Aisyah, Rasulullah bersabda:

ركعتا الفجر خير من الدنيا وما فيها

Dua rakaat salat fajar lebih baik dari pada dunia dan seisinya.”

Shalat sunnah yang ringan dikerjakan namun pahalanya mengalahkan segenap perhiasan dunia. Di samping keutamaan itu, ada riwayat yang menyebutkan bahwa shalat sunnah fajar juga meminimalisasi pertengkaran antarkeluarga, dan juga menjadikannya khusnul khatimah. Dalam riwayat disebutkan,

من صلى سنة الفجر في بيته يوسع له رزقه ويقل المنازعة بينه وبين اهله ويختم له با لإيمان

Barangsiapa yang melakukan shalat sunnah fajar di rumahnya maka ia akan dilapangkan rezekinya, disedikitkan orang yang berseteru di antaranya dan keluarganya, serta usianya ditutup dengan membawa iman.

Rupanya keutamaan shalat sunnah fajar tidak hanya lebih berharga dari dunia dan seisinya. Namun juga membuat damai keluarga, perseteruan jarang terjadi, dan semuanya tentram dengan setiap keadaan. Bahkan lebih dari itu, shalat sunnah fajar bisa membuat seseorang meninggal dengan keadaaan husnul khatimah, yakni menutup usia dengan membawa imannya. Subhanallah, sedemikian luar biasanya salat sunnah fajar ini. Semoga kita bisa mendawamkan salat sunnah ini. Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here