Kenapa Disunnahkan Mandi sebelum Salat Jumat?

0
540

BincangSyariah.Com – Salah satu kesunnahan yang dianjurkan dilakukan setiap hari Jumat adalah mandi sebelum berangkat salat Jumat. Akan tetapi selain karena sunnah, yang secara definisi adalah sesuatu yang akan mendapatkan pahala jika dilakukan, sebenarnya apa hikmah di balik perintah mandi sebelum salat Jumat tersebut?

Dalam sebuah hadis dikatakan

عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: “من جاء منكم الجمعة فليغتسل”

Dari sahabat Abdullah bin Umar ra., sesungguhnya Rasulullahsaw bersabda, “ Barang siapa di antara kalian datang salat Jumat hendaknya mandilah.” (HR. Bukhari & Muslim)

Syaikh Ibnu Daqiq al-Id dalam Ihkamul Ahkam berkata hadis di atas menggunakan bentuk kata perintah, akan tetapi kata perintah dalam kalimat ini tidak berarti wajib. Mayoritas ulama berpendapat bahwa kata perintah ini menunjukkan kesunnahan, yang mana setiap Muslim dianjurkan untuk mandi sebelum salat Jumat. Dalam hadis lainnya Rasulullah berkata

“من توضأ يوم الجمعة فبها ونعمت ومن اغتسل فالغسل أفضل”

Barang siapa berwudu pada hari Jumat maka dengan wudu itu cukup dan barangsiapa mandi maka itu lebih baik. (HR. Abu Daud, Tirmizi, Nasa’i)

Dengan adanya riwayat lain yang mengatakan wudu pun cukup bagi orang yang hendak salat Jumat, maka para ahli fikih berpendapat mandi bukan perkara wajib. Hadis-hadis di atas menunjukkan bahwa mandi adalah sesuatu yang sunnah jika dilakukan ketika akan melakukan salat Jumat.

Demikian pendapat Imam Malik, dan tidak disyaratkan antara mandi dan salat dilakukan runut, yakni kesunnahan itu termasuk meski setelah mandi ada jeda panjang sebelum salat Jumat. Sebab maksud dari mandi yang disunahkan ketika hendak salat Jumat adalah untuk  menghilangkan bau-bau tidak enak yang bisa menggangu para jamaah Jumat lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here