Keluar Haid Saat Umrah, Apakah Umrah Menjadi Batal?

1
902

BincangSyariah.Com-Pada dasarnya haid adalah sesuatu yang alamiah bagi wanita. Dalam setiap bulan wanita pasti akan mengalami hal ini. Namun sekalipun demikian, wanita akan merasa kesulitan ketika haid datang pada waktu yang tidak diinginkan, terlebih ketika sedang melakukan ibadah umrah. Sebab dalam kondisi ini, wanita dicegah melakukan tawaf sampai ia benar-benar suci. Karena tawaf kedudukannya sama seperti salat, hanya saja di dalam tawaf diperbolehkan berbicara. Nabi Muhammad saw bersabda;

الطَّوَافُ بِالْبَيْتِ صَلَاةٌ فَأَقِلُّوا مِنْ الْكَلَامِ

“Tawaf di Ka’bah seperti salat, namun di dalamnya dibolehkan sedikit bicara.” 

Dari hadits ini ulama bersepakat bahwa kedudukan tawaf dalam hal syarat dan sebagainya sama dengan salat, hanya saja dalam tawaf masih diperbolehkan berbicara.

Lalu bagaimana dengan aktivitas umrah yang lain apakah boleh dilakukan sekalipun dalam keadaan haid?

Ketika ‘Aisyah sampai di Makkah dan melakukan aktivitas umrah selain sa’i dan tawaf dalam keadaan haid. Kemudian persoalan ini disampaikan (ditanyakan) kepada Nabi saw. Lalu Nabi saw bersabda,

أُفْعُلِيْ مَايَفْعَلُ اَلْحَاجُّ غَيْرَ أَنْ لاَ تَطُوْفِيْ بِالْبَيْتِ حَتَّى تَطْهُرِيْ 

“Lakukan apa yang biasanya dilakukan oleh orang yang berhaji, namun jangan melaksanakan tawaf di Baitullah sampai benar-benar suci.”

Hadis tersebut dapat menjawab bahwa perempuan yang sedang haid boleh melakukan umrah, hanya saja tidak boleh melakukan tawaf. Sehingga harus ditunda sampai benar-benar suci. Namun apabila tidak dimungkinkan menunggu sampai masa suci, karena terbatas dengan waktu, maka boleh melakukan tawaf tanpa harus menunggu suci. Sebab dalam kondisi ini seseorang sudah dianggap tidak mampu menyempurnakan syarat dan telah memasuki keadaan darurah (mendesak). Akan tetapi pendapat ini hanya boleh digunakan dalam keadaan yang mendesak.

Baca Juga :  Apakah Sunnah Menjabat Tangan dan Memeluk Orang Sepulang Haji?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here