Kedahsyatan Membacakan Surah Yasin Untuk Orang yang Sudah Meninggal

3
1153

BincangSyariah.Com – Surah ke-36 dalam Al Qur’an yang terdiri dari 83 ayat adalah surat Yasin. Satu risalah Tuhan yang banyak menceritakan tentang aqidah dan keimanna seorang muslim. Surah Yasin terbilang surah yang paling dikenal banyak orang setelah surat Al Fatihah dan surat Al Ikhlas. Mengapa demikian? Sebab surah yasin merupakan salah satu surah yang sering dibaca dalam kehidupan bermasyarakat.

Disebutan dalam buku Kedahsyatan Membaca Al Qur’an karya Amirullah Syarbini, apabila seseorang membaca surat Yasin untuk menghadapi permasalah hidup yang sangat sulit, maka Allah akan memberi kelancaran padanya. Begitupun dengan pembacaan surat Yasin yang ditujukan pada orang yang sudah meninggal, maka ia akan mengundang rahmat dari Allah dan berkah dari-Nya. Surah Yasin yang diturunkan di kota Makkah tersebut merupakan jantung Al Qur’an. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ لِكُلِّ شَىْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس َمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

“Segala sesuatu memiliki jantung. Jantungnya Al-Qur’an adalah surah Yasin. Siapa yang membaca surah Yasin, maka Allah akan mencatat baginya seperti membaca Al-Qur’an sepuluh kali.” (HR. Tirmidzi)

Kedahsyatan yang terlebih khusus jika dibacakan untuk orang sudah meninggal adalah Allah akan meringankan dosanya pada hari kiamat dan juga dicatatat sejumlah pahala baginya. Kedahsyatan surat Yasin tersebut tentu diidamkan oleh segenap keluarga yang salah satu darinya meninggal dunia.

Karena itulah sangat penting untuk bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar, selain untuk kebaikan dirinya juga bermanfaat untuk keluarganya. Banyak dari kalangan orang yang berduit membayar seseorang guna membacakan surat Yasin untuk keluarganya yang sudah meninggal, yang demikian karena pihak keluarganya belum lancar dalam membaca surat Yasin yang ada dalam Al Qur’an.

Baca Juga :  Tiga Keutamaan Mengucapkan Salam Ketika Memasuki Rumah

Dosa yang diringankan dan pahala yang didapatkan adalah dua kedahsyatan pembacaan surat Yasin yang dibacakan untuk orang yang sudah meninggal. Dalam kitab Al Mughni, Ibnu Qudaman menuliskan bahwa disunnahkan untuk membaca Al Qur’an di kuburan atau seejenisnya dan dihibahkan kepada orang yang sudah meninggal pahalanya.

Pembacaansurat Yasin tersebut bisa dilakukan dimana saja, di kuburan atapun tempat lainnya seperti rumah. Keterangan tersebut berdasarkan kajian dalam kitab Ad-Dur Al-Mukhtar wa Rad Al-Muhtar yang menyebutkan salah satu sabda Rasuullah sebagai berikut:

من دخل المقابر فقرأ سورة (يس) خفف الله عنهم يومئذ، وكان له بعدد من فيها حسنات

Orang yang mendatangi kuburan dan membaca surat Yasin, Allah SWT akan meringankan dosanya pada hari kiamat. Dan baginya pahala sejumlah orang yang meninggal di kuburan itu (HR. Dailami)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here