Keberkahan Pada Daging Kambing

0
668

BincangSyariah.Com – Adalah pemandangan yang sangat tidak menyenangkan dikala bertebaran daging kambing dimana-mana. Mungkin begitulah yang dirasakan oleh sebagian orang. Mereka merasa daging kambing adalah penyebab utama kambuhnya kolesterol dan darah tinggi. Padahal sebenarnya daging kambing tidak berbahaya asalkan pengolahan dagingnya dengan cara yang sehat dan tidak berelebihan, bahkan daging tersebut memiliki banyak manfaat. Dalil dari QS Al-Mu’minun:21 menyebutkan:

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۖ نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهَا وَلَكُمْ فِيهَا مَنَافِعُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

“Dan Sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan”

Daging kambing tersebut memiliki keberkahan, dengan kata lain daging kambing dapat mendatangkan banyak kebaikan bagi yang mengkomsumsinya.

Anjuran untuk memelihara dan memanfaatkan kambing disabdakan Nabi dalam sebuah hadits:

تخذوا الغنم فإن فيها بركة

” Peliharalah (manfaatkan) oleh kalian kambing kerana di dalamnya terdapat barakah”

Dalil tersebut disebutkan dalam kitab As-Silsialh As-Shahihah. Keberkahan yang ada bisa berupa daging, susu dan kulitnya. Al-Qurthubi menjelaskan dalam Al-Jami’ li Ahkamil Qur’an bahwa Allah telah menjadikan berkah pada kambing di mana kambing bisa dimanfaatkan untuk pakaian, makanan, minuman, banyaknya anak, karena kambing beranak tiga kali dalam setahun, sehingga memberikan ketenangan bagi pemiliknya.

Kambing juga membuat pemiliknya rendah hati dan lembut terhadap orang lain. Ibnul Qayyim berkata bahwa daging Kambing dapat menjadikan darah sehat dan kuat jika dikunyah dengan baaik. Daging juga bermanfaat bagi mereka yang lemah daya pikirnya karena daging dapat menguatkan daya pikir dan daya hapal seseorang. Bagian daging yang paling baik adalah yang terlindung dengan tulang. Bagian sebelah kanan lebih baik dari sebelah kiri. Dan bagian depan lebih baik dari bagian belakang.

Baca Juga :  Hikmah di Balik Pensyariatan Ibadah Kurban

Seperti dilansir laman Indiatimes, daging kambing mengandung selenium, dan kolin yang bermanfaat dalam menangkal kanker. Bahkan untuk wanita hamil, daging kambing dinilai bisa mencegah anemia, meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah ibu, dan mensuplai darah ke bayi karena mengandung jumlah tinggi zat besi sebanyak 3 mg per 100 gram daging kambing. Pada bayi dapat mengurangi risiko cacat lahir. Dan juga bagi wanita yang nyeri saat haid, daging kambing bisa memulihkan karena mengandung zar besi. Vitamin B12 yang terkandung di dalamnya bisa membuat sehat kulit.

Selain dagingnya bermanfaat buat manusia, kambing juga dijadikan ladang untuk belajar sabar dalam tiap mengembalanya. Setiap Nabi yang diutus Allah pernah mengembala kambing.

Hikmah yang didapat adalah sebagai ajang untuk melatih kesabaran dan ketekunan dalam memelihara kambing tersebut, sehingga secara tidak langsung akan membentuk karakter yang baik pada seorang Nabi. Begitupun dengan Nabi Muhammada, beliau bersabda:

ما بعث اللهُ نبيًّا إلا رعى الغنمَ . فقال أصحابُه : وأنت ؟ فقال : نعم ، كنتُ أرعاها على قراريطَ لأهلِ مكةَ

“tidaklah seorang Nabi diutus melainkan ia menggembala kambing“. para sahabat bertanya, “apakah engkau juga?”. Beliau menjawab, “iya, dahulu aku menggembala kambing penduduk Mekkah dengan upah beberapa qirath”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here