Kapan Waktu Mandi Terbaik pada Hari Raya?

1
417

BincangSyariah.Com – Mandi pada hari raya Idul Fitri atau Idul Adha adalah sunah, baik bagi yang hendak menghadiri tempat pelaksanaan salat Id atau tidak. Hal ini karena salah satu tujuan disunahkan mandi pada hari raya adalah agar menampakkan perhiasan dan keindahan dalam penampilan.

Imam Syairazi dalam kitabnya Almuhadzdzab mengatakan;

ويستحب ذلك لمن يحضر الصلاة ولمن لم يحضر لان القصد اظهار الزينة والجمال فان لم يحضر الصلاة اغتسل للزينة والجمال

“Mandi dianjurkan bagi orang yang hendak menghadiri salat Id dan bagi yang tidak menghadirinya. Tujuan mandi adalah menampakkan perhiasan dan keindahan, sehingga bagi yang tidak menghadiri salat Id tetap dianjurkan mandi supaya menampakkan perhiasan dan keindahan.”

Lantas adakah waktu mandi terbaik pada hari raya?

Secara umum, sebagaimana disebutkan Imam Nawawi dalam kitabnya Almajmu, waktu mandi pada hari raya ada tiga;

Pertama, waktu mandi pada hari raya dimulai sejak pertengahan malam, dan tidak sah jika dilakukan sebelumnya. Pendapat ini dikatakan oleh Imam Syairazi, Alqadhi Husain, Almutawalli dan ulama yang lain.

Kedua, mandi sah dilakukan pada seluruh malam hari raya. Pendapat ini ditegaskan oleh Imam Alghazali.

Ketiga, waktu mandi pada hari raya dimulai setelah terbit fajar subuh. Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Imam Syafii dalam kitab Alumm.

Dari ketiga waktu mandi di atas, waktu terbaik adalah setelah terbit fajar subuh. Paling utama mandi dilakukan setelah terbit fajar subuh, meski mandi sebelum fajar juga diperbolehkan.

Baca Juga :  Selesai Haid tetapi Belum Mandi, Apakah Tetap Wajib Berpuasa?


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

  1. […] Ketiga; tidak boleh membawa benda yang berisi nama Allah atau kalimat alquran. Hal ini karena kita diperintahkan untuk mengagungkan nama Allah dan alquran untuk tidak dibawa ke tempat yang kotor. Nabi Saw meletakkan cincin yang bertuliskan ‘Muhammad Rasulullah’ ketika hendak masuk kamar mandi. Dalam hadis riwayat Abu Daud dari Anas bin Malik, dia berkata;Baca Juga :  Kapan Waktu Mandi Terbaik pada Hari Raya? […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here