Kapan Sebaiknya Makmum Masbuk Bangun Melanjutkan Salatnya?

0
618

BincangSyariah.Com – Dalam kitab-kitab fiqih disebutkan, ada dua kategori makmum dalam salat berjemaah, yaitu muwafik dan masbuk. Muwafik adalah makmum yang tidak ketinggalan satu pun rakaat bersama imam, walaupun barangkali dia memulai salat agak terlambat. Jika tidak ketinggalan satu rakaat pun bersama imam mulai rakaat pertama hingga akhir, maka dia termasuk muwafik.

Sedangkan masbuk adalah makmum yang ketinggalan setidaknya satu rakaat dari imamnya. Dan rakaat yang ketinggalan ini ditandai ketika tidak bisa rukuk bersama imam. Makmum masbuk wajib menyempurnakan jumlah rakaat salatnya setelah imam selesai salat.

Kapan sebaiknya makmum masbuk bangun untuk menyempurnakan jumlah rakaat salatnya?.

Dalam kitab Shahih Shifati Shalatin Nabi Saw. disebutkan, sunah bagi makmum masbuk untuk bangun melanjutkan jumlah rakaat salatnya setelah imam selesai melakukan dua salam, yaitu salam pertama dan kedua ke sebelah kanan dan sebelah kiri.

Jika imam sudah selesai salam pertama tapi belum salam kedua, makruh bagi makmum masbuk bangun melanjutkan salatnya. Namun jika imam belum selesai salam pertama ke sebelah kanan, kemudian makmum masbuk bangun melanjutkan salatnya, maka salatnya batal kecuali dia niat mufaraqah atau berpisah dari imam terlebih dahulu.

ويسن للمأموم المسبوق ان لا يقوم لاتمام صلاته الا بعد تسليمتي امامه ولو قام بعد سلام الأول جاز لكنه ترك الأفضل لكن ان قام اثناء سلام الامام الأول او قبله دون ان ينوي المفارقة بطلت صلاته

“Disunahkan bagi makmum masbuk untuk tidak bangun melanjutkan salatnya kecuali imam telah selesai melakukan dua salam. Jika bangun setelah imam selesai dari salam pertama, maka hukumnya boleh tapi dia meninggalkan perbuatan yang lebih utama. Akan tetapi jika bangun di tengah-tengah imam melakukan salam pertama atau sebelumnya tanpa niat berpisah dari imam, maka salatnya.

Baca Juga :  Haruskah Posisi Imam Perempuan Berada Di Antara Saf Makmum?

Dengan demikian, sebelum menyempurnakan jumlah rakaat salat, sebaiknya makmum masbuk memperhatikan salam imam terlebih dahulu. Hal ini agar salatnya sempurna dan tidak batal. Karena salat bisa batal jika makmum masbuk bangun melanjutkan salat sebelum imam selesai salam pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.