Kapan Hari Terbaik Memotong Kuku?

0
9205

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, memotong kuku termasuk bagian dari perbuatan yang dianjurkan dan disunahkan. Laki-laki dan perempuan, kuku jari-jari kedua tangan dan kedua kaki semuanya disunahkan untuk dipotong. Namun, kapan hari terbaik yang disunahkan memotong kuku dalam Islam?

Hari terbaik yang disunahkan memotong kuku adalah hari Kamis dan Jumat. Hal ini berdasarkan riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi Saw. kadang memotong kuku di hari Kamis dan kadang pula di hari Jumat. Namun demikian, berdasarkan riwayat Imam Albaihaqi, pada umumnya Nabi Saw. sering memotong kuku di hari Jumat.

Dalam kitab Assunanul Kubro, Imam Albaihaqi menyebutkan riwayat yang bersumber dari Abu Ja’far;

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ أَنْ يَأْخُذَ مِنْ شَارِبِهِ وَأَظَافِرِهِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ

“Nabi Saw. biasa mencukur kumis dan kukunya di hari Jumat.”

Selain itu, memotong kuku di hari Jumat sebaiknya dilakukan sebelum mandi untuk berangkat salat Jumat. Sebelum berangkat salat Jumat, disunahkan untuk mandi dan bersih-bersih terlebih dahulu. Namun sebelum itu, disunahkan untuk mencukur bulu-bulu badan, memotong kuku, dan membersihkan badan dari kotoran.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan oleh Imam Almawardi dalam kitabnya Alhawi Alakabir berikut;

قَدْ ذَكَرْنَا اسْتِحْبَابَ غُسْلِ الْجُمْعَةِ وَالْبُكُورِ إِلَيْهَا لَكِنْ يُخْتَارُ ذَلِكَ بَعْدَ حَلْقِ الشَّعْرِ ، وَتَقْلِيمِ الْأَظَافِرِ وَتَنْظِيفِ الْجَسَدِ مِنَ الْوَسَخِ يوم الجمعة

“Telah kami sebutkan bahwa sunah mandi untuk menghadiri salat Jumat dan berangkat pagi-pagi. Akan tetapi hal tersebut dilakukan setelah mencukur bulu, memotong kuku, dan membersihkan badan dari kotoran di hari Jumat.”

Memotong kuku disunahkan dilakukan setiap minggu di hari Jumat. Waktu batas lama memotong kuku adalah empat puluh hari. Membiarkan kuku memanjang tanpa dipotong melebihi empat puluh hari hukumnya adalah makruh.

Baca Juga :  Amalan, Doa, dan Zikir pada Hari Jumat

Hal ini sebagaimana hadis riwayat Imam Muslim dari Anas bin Malik, dia berkata;

وقت لنا في قص الشارب وتقليم الاظفار ونتف الابط وحلق العانة ان لا نترك اكثر من اربعين ليلة

“Nabi Saw. memberikan batas waktu kepada kita untuk mencukur kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, agar kita jangan membiarkan melebihi dari empat puluh malam.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here