Ini Waktu Terbaik Melakukan Mandi Jumat

0
451

BincangSyariah.Com – Melakukan mandi Jumat termasuk hal yang paling disunahkan di antara mandi-mandi yang lain. Mandi Jumat disunahkan bagi siapa pun yang hendak melaksanakan salat Jumat, baik bagi lelaki maupun perempuan. Pasalnya, sebagian perempuan di daerah atau pesantren di berbagai wilayah di Indonesia itu ikut melaksanakan salat Jumat.

Mengenai waktu disunahkannya mandi Jumat, Syekh Abu Bakar Syatha mengatakan demikian:

وقت الغسل كائن بعد طلوع فجر، أي صادق، فلا يجزئ قبله، لأن الأخبار علقته باليوم، كقوله – صلى الله عليه وسلم -: من اغتسل يوم الجمعة ثم راح في الساعة الأولى.

Waktu mandi Jumat itu (disunahkan) setelah fajar sidik terbit. Karena itu, sebelum fajar sidik terbit, mandi salat Jumat tidak dianggap. Hal ini karena beberapa hadis mengaitkan waktu mandi Jumat dengan kata al-yaum yang berarti ‘hari’, sebagaimana sabda Rasulullah saw., “Orang yang mandi pada hari Jumat kemudian bersegera berangkat pada waktu awal …”

وقيل وقته من نصف الليل، كالعيد

Namun, terdapat juga pendapat yang mengatakan bahwa kesunahan mandi Jumat sudah bisa dilakukan sejak pertengahan malam, seperti halnya mandi sunah salat Id.

Sementara itu, Syekh Ibrahim al-Bajuri dalam Hasyiyah al-Bajuri berpendapat bahwa mandi Jumat menjelang berangkat ke masjid itu lebih utama.

وتقريبه من ذهابه أفضل لأنه أبلغ في المقصود من انتفاء الرائحة الكريهة حال الاجتماع

Beredekatannya mandi Jumat menuju ke masjid itu lebih utama, karena hal tersebut lebih mengena pada tujuan mandi tersebut, yaitu menghilangkan bau tak sedap ketika berkumpul (di masjid).

Dari beberapa keterangan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa mandi sunah salat Jumat itu dapat dilakukan semenjak mendekati waktu Subuh, yaitu ketika fajar sidik sudah terbit. Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi solusi bagi seseorang yang misalnya beraktivitas kerja di luar rumah yang tidak memungkinkan mandi di kantor. Namun, bagi yang memungkinkan mandi mendekati berangkat salat Jumat ke masjid, itu lebih baik. Bila ingin berangkat ke masjid pukul 10.30, orang tersebut sebaiknya mandi sunah Jumat sekitar pukul 10.00. Wallahu a‘lam.

Baca Juga :  Fadhilah Puasa: Pencegah Terbesitnya Kemaksiatan dan Penyelewengan


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here