Ini Petaka bagi yang Biasa Meninggalkan Shalat Ashar

0
1065

BincangSyariah.Com – Waktu shalat ashar bisa terbilang waktu yang cukup ramai dengan berbagai kegiatan. Kerjaan kantor belum selesai, terjebak rapat,dan juga  macet bisa saja menjadikan seseorang meninggalkan shalat ashar. Awal waktu shalat ashar ditandai dengan jika bayangan sesuatu telah semisal dengan tingginya dan berakhir ketika matahari terbenam.

Rasulullah menganjurkan para sahabat untuk menunaikan shalat ashar dengan segera. Anjuran tersebut dimulai dengan diri pribadinya Rasulullah. Iya, Rasulullah sendiri menunaikan shalat ashar di awal waktu. Hal ini berdasarkan hadits Nabi  yang diriwayatkan dari Sahabat Anas bin Malik:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يُصَلِّى الْعَصْرَ وَالشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ حَيَّةٌ

“Rasulullah  sering melaksanakan sholat ‘ashar ketika matahari masih tinggi” (HR Bukhori)

Secara tidak langsung Rasulullah berpesan kepada para sahabat agar tidak mengakhirkan shalat ashar, karena kesibukan lainnya bisa saja membuatnya lalai untuk menunaikan shalat ashar. Seseorang yang meninggalkan shalat ashar akan mendapati sebuah petaka yang tidak mengenakkan. Bahkan, bisa saja orang yang meninggalkan shalat ashar disebut dengan orang yang amalnya sia-sia. Sebab siapasaja yang meninggalkan shalat ashar, maka ia amalnya akan terhapus begitu saja.

Amal yang diharapkan bisa menjadi teman sejati kelak di alam kubur akan hilang jika meninggalkan kewajiban shalatnya. Dari Buraidah bin Hushaib Al-Aslami radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ تَرَكَ صَلَاةَ الْعَصْرِ ، فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُه

Siapa yang meninggalkan shalat Ashar, maka amalnya terhapus.” (HR. Al-Bukhari)

Hadis tersebut mengungkapkan betapa bahayanya seseorang yang tidak menunaikan shalat ashar. Sebuah pesan singkat agar kita senantiasa bisa menjaga shalat wajib dengan baik, sesibuk apapun agendanya. Karena jika saja terlewat shalat ashar di sore hari, maka tabungan amal-amal sebelumnya bisa terhapus karenanya. Apalah arti hidup jika tidak membawa tabungan amal baik ke alam selanjutnya. Amal baik yang pernah dilakukann bisa terus dijaga dengan selalu menunanikan shalat ashar.

Baca Juga :  Niat dan Tata Cara Salat Tobat

Petaka orang yang meninggalkan shalat ashar adalah sebuah kerugian yang besar. Dengan pemaparan di atas, semoga kita terus semangat menunaikan kewajiban shalat dalam lima waktu. Terelebih di waktu ashar, semoga tidak terlewatkan hanya karena kesibukan duniawi yang melalaikan. Allah akan menghapus amal seseorang jika ia meningalkan shalat ashar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here