Ini Pahala Membaca Shalawat pada Nabi di Bulan Rajab

0
3401

BincangSyariah.Com – Membaca shalawat kepada Nabi Saw merupakan perintah langsung dari Allah kepada seluruh umat Nabi Muhammad Saw. Bahkan ulama sepakat bahwa membaca shalawat adalah wajib setidaknya lima kali sehari semalam dalam shalat fardhu. Shalat fardhu dan shalat sunah dihukumi tidak sah kecuali membaca shalawat kepada Nabi Saw.

Selain itu, membaca shalawat kepada Nabi Saw merupakan ibadah yang dijamin untuk diterima oleh Allah dan tetap akan mendapatkan pahala meskipun seseorang membaca shalawat kepadanya karena ingin mendapatkan pujian dari orang lain. Selain pasti diterima dan mendapatkan pahala, membaca shalawat kepada Nabi Saw juga dapat menghapus dosa dan meninggikan derajat di sisi Allah.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Nasai dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat padanya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan.”

Di sisi lain, jika seseorang membaca shalawat kepada Nabi Saw di bulan Rajab, maka dia akan mendapatkan tambahan pahala di sisi Allah. Dia akan mendapatkan minuman segar kelak di surga. Hal ini sebagaimana telah disebutkan oleh Syaikh Utsman bin Hasan al-Khaubari dalam kitabnya Durratun Nashihin, bahwa Nabi Saw pernah bersabda;

رأيت ليلة المعراج نهرا ماؤه احلى من العسل وابرد من الثلج واطيب من المسك. فقلت لجبريل : لمن هذا؟ قال : لمن صلى عليك في رجب

“Pada malam Mi’raj, saya melihat sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih dingin dibanding salju, lebih wangi dibanding minyak misik. Kemudia aku bertanya kepada Malaikat Jibril, ‘Untuk siapa ini?.’ Jibril menjawab, ‘Untuk orang yang membaca shalawat kepadamu di bulan Rajab.’”

Baca Juga :  Apakah Narapidana Wajib Melaksanakan Shalat Jumat?

Melalui riwayat ini kita dapat mengetahui bahwa membaca shalawat kepada Nabi Saw memiliki keutamaan dan pahala tersendiri dibanding bulan-bulan lainnya. Oleh karena itu, selayaknya kita sebagai umat Nabi Muhammad Saw untuk senantiasa memperbanyak membaca shalawat kepada beliau, terutama di bulan Rajab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here