Ini Enam Hal Sunah yang Perlu Dipersiapkan Saat Hendak Menikah

1
732

BincangSyariah.Com – Menikah merupakan sunah Nabi yang dianjurkan bagi siapa pun yang sudah memenuhi kriteria, baik secara kemampuan materi maupun kemampuan psikologis. Ada enam hal yang perlu diperhatikan terkait persiapan yang dianjurkan untuk dimatangkan saat hendak menikah. Syekh Abu Bakar Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin mengatakan;

ويسن أن ينوي بالنكاح السنة وصون دينه. وإنما يثاب عليه إن قصد به طاعة من نحو عفة أو ولد صالح. وأن يكون العقد في المسجد ويوم الجمعة وأول النهار وفي شوال، وأن يدخل فيه أيضا

Pertama, disunahkan berniat menikah karena untuk mengikuti sunah Nabi dan menjaga agama. Menikah itu berpalahala jika seseorang berniatnya karena perintah agama, seperti ifah (menjaga diri agar tidak terjerumus pada zina), atau ingin mencetak generasi yang saleh.

Kedua, akad nikah dilaksanakan di masjid. Hal ini sebagaimana hadis riwayat al-Thabrani berikut.

أعلنوا هذا النكاح، واجعلوه في المساجد، واضربوا عليه بالدفوف، وليولم أحدكم ولو بشاة

Umumkanlah pernikahan kalian, laksanakanlah di masjid, gunakanlah gendang untuk merayakannya, dan berwalimahlah dengan memotong hewan, walau hanya seekor kambing.

Ketiga, akad nikah dilaksanakan pada hari Jumat. Hal ini karena dalam Islam hari Jumat itu merupakan hari yang paling utama.

Keempat, akad nikah dilaksanakan pada pagi hari. Hal ini berdasarkan hadis yang dianggap berkualitas hasan oleh Imam al-Tirmidzi. Nabi berdoa:

اللهم بارك لأمتي في بكورها

Ya Allah, berilah keberkahan untuk umatku di waktu pagi hari mereka beraktivitas. 

Kelima, akad nikah dilaksnakan pada bulan Syawal. Keenam, menjalin hubungan rumah tangga pada bulan Syawal. Dalam catatan sejarah, ada tiga istri Nabi yang dinikahi pada bulan Syawal, yaitu Saudah, Aisyah, dan Ummu Salamah (Baca: Ini Sejarah Tiga Istri Nabi yang Dinikahi pada Bulan Syawal)

Baca Juga :  Renungan untuk Lelaki Sebelum Menikah

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here