Ini Doa yang Wajib Dibaca Setelah Takbir Ketiga Salat Jenazah

0
20739

BincangSyariah.Com – Tujuan utama salat jenazah adalah mendoakan keselamatan atas jenazah yang sedang disalati. Dalam tata-cara pelaksanaan salat jenazah disebutkan bahwa doa atas jenazah dilakukan setelah takbir ketiga. Apakah hal tersebut suatu keharusan yang mesti dilakukan, atau boleh dilakukan setelah takbir yang lain selain takbir ketiga?

Ulama sepakat bahwa berdoa atas jenazah termasuk bagian dari rukun salat jenazah. Salat jenazah tidak sah tanpa mendoakan keselamatan atas jenazah. Dalam kitab Almajmu, Imam Nawawi mengatakan:

اتفقت نصوص الشافعي والأصحاب على أن الدعاء فرض في صلاة الجنازة وركن من أركانها

“Teks-teks Imam Syafii dan ulama Syafiiyah sepakat bahwa doa (atas jenazah) adalah fardu (kewajiban) dalam salat jenazah dan termasuk bagian dari rukun-rukunnya.”

Selain itu, doa atas jenazah harus dilakukan setelah takbir ketiga, tidak boleh dilakukan setelah takbir lainnya. Jika dilakukan bukan setelah takbir ketiga, misalnya dipindah setelah takbir pertama, kedua atau keempat, maka dinilai tidak cukup. Karena itu, salat jenazahnya dinilai tidak sah. Imam Nawawi menegaskan dalam kitabnya Almajmu berikut:

ومحل هذا الدعاء التكبيرة الثالثة ، وهو واجب فيها لا يجزئ في غيرها بلا خلاف وليس لتخصيصه بها دليل واضح

“Tempat doa ini (atas jenazah) adalah setelah takbir ketiga. Doa tersebut wajib dilakukan setelah takbir ketiga, tidak cukup bila dilakukan selain takbir ketiga tanpa ada perbedaan, meskipun penentuan doa tersebut setelah takbir ketiga tidak ditemukan dalil yang pasti”

Adapun doa yang paling utama atas jenazah adalah doa sebagaimana terdapat dalam hadis riwayat Imam Muslim berikut;

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ ، وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ ، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

“Ya Allah, ampunilah dosanya, rahmatilah, selamatkan, maafkan, muliakan tempat persinggahannya, luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air, salju, dan embun, bersihkan dia dari segala kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan pakaian putih dari kotoran, gantikan rumahnya dengan rumah yang lebih baik, keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, istri/suaminya dengan istri/suami yang lebih baik, masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dia dari siksaan kubur – atau dari siksaan neraka.”

 

 

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here