Ini Dalil Kedua Tangan Jenazah Harus Disedekapkan?

0
6131

Apakah kedua tangan jenazah harus disedekapkan ? Atau hanya anjuran saja?

Pada umumnya, ketika seseorang baru meninggal, maka kelurga dan orang-orang sekitarnya segera mengambil inisiatif untuk mensedekapkan kedua tangan jenazah layaknya dalam salat. Jarang dijumpai kedua tangan jenazah dibiarkan menjulur tanpa sedekap. Sebagian masyarakat bahkan beranggapan bahwa membiarkan kedua tangan jenazah menjulur adalah aib sehingga harus disedekapkan. Benarkah demikian?

Sebenarnya, mensedekapkan kedua tangan jenazah bukan keharusan dan bukan pula anjuran. Hanya sekedar kebolehan saja. Kedua tangan jenazah boleh disedekapkan dan boleh juga dijulurkan. Kedua cara tersebut sama-sama boleh dan benar.

Namun jika disedekapkan, maka dianjurkan sebagaimana sedekap dalam salat. Yaitu kedua tangan diletakkan di atas dada dengan posisi tangan kanan di atas tangan kiri.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Alfiqh ‘ala Mazahibil Arba’ah berikut;

ثم يوضع الميت فوقها برفق مستلقيا على ظهره وتجعل يداه على صدره ويمناه على يسراه أو يرسلان في جنبيه

“Kemudian jenazah diletakkan di atas kain kafan dan kedua tangannya diletakkan di atas dadanya, tangan kanan di atas tangan kiri, atau kedua tangan tersebut dibiarkan menjulur di kedua sisi lambungnya.”

Disebutkan juga dalam kitab Almausu’al Alfiqhiyah Alkuwaitiyah berikut;

وأجاز الشافعية جعل يدي الميت على صدره؛ اليمنى على اليسرى، أو إرسالهما في جنبي الميت. قال الشربيني الخطيب فكل من ذلك حسن محصل للفرض.

“Ulama Syafiiyah membolehkan meletakkan kedua tangan jenazah di atas dadanya dengan posisi tangan kanan di atas tangan kiri. Atau membiarkan kedua tangan tersebut menjulur di samping kedua sisi lambungnya. Ima Syarbini Alkhatib berkata; ‘Semua cara tersebut baik dan sampai pada tujuan.” Wallahu A’lam

Baca Juga :  Apakah Menabur Bunga di Atas Kuburan Dianjurkan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here