Ini Bacaan Niat Puasa Sunnah Tarwiyah Tahun 2020, Jatuh pada Lusa Mendatang

0
1536

BincangSyariah.Com – Akibat belum meredanya Covid-19 di berbagai belahan dunia, maka di bulan Zulhijjah yang biasanya dilaksanakan ibadah haji, tahun ini ditiadakan oleh Pemerintah Arab Saudi sendiri. Ini menyebabkan Indonesia pada tahun ini tidak memberangkatka calon jamaah hajinya. Terkait dengan ibadah shalat Idul Adha yang jatuh pada Jum’at, 31 Juli 2020 mendatang, Pemerintah Indonesia tidak mengeluarkan aturan resmi selain Surat Edaran Menteri Agama untuk mentaati protokol kesehatan dalam pelaksanaan shalat Idul Adha dan pelaksanaan ibadah kurban.

Selain shalat Idul Adha, sebenarnya ada ibadah yang disunahkan yang bisa kita lakukan selama awal bulan Dzulhijjah ini. Diantaranya adalah puasa penuh selama 9 hari sejak tanggal 1-9 Dzulhijjah. Selain itu, kita juga bisa melaksanakan puasa hanya di hari ke-8 dan ke-9 saja, Puasa sunnah di hari ke-8 bulan Dzulhijjah disebut puasa sunnah Tarwiyah. Sementara di hari ke-9 disebut puasa Sunnah Arafah.

Puasa sunnah Tarwiyah di tahun ini berarti pada tanggal 29 Juli mendatang. Jika ingin berpuasa sunnah tarwiyah, maka kita bisa mulai niat sejak malam hari di tanggal 28 Juli/7 Dzulhijjah. Berikut bacaan niat puasa sunnah tarwiyah,

نويت صوم التروية سنة لله تعالى

Nawaitu shaumal tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala.

Saya niat berpuasa sunah Tarwiyah karena Allah SWT.

Bagi yang ingin mengetahui sejarah mengapa hari ke-8 bulan Dzulhijjah tersebut disebut hari Tarwiyah dan kenapa disunahkan berpuasa bagi kita, telah ditulis dalam artikel berjudul Kenapa Delapan Zulhijjah disebut Hari Tarwiyah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Hukum Berkurban di Daerah Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here